Info KlikersKlik NewsPolitik

Implementasi Indeks Partisipasi Pemilu, KPU Susun Peta Jalan Lebih Jernih

KLIKERS.ID – Anggota KPU August Mellaz didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, dan Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Cahyo Ariawan membuka Rapat Tim Penyusun Indeks Partisipasi Pemilu, di Jakarta, Jumat (24/03/2023).

Dalam sambutannya, Mellaz menyampaikan dua substansi penting. Pertama, rapat akan mendiskusikan tentang rancangan kegiatan bimtek atau coaching clinic indeks partisipasi pemilu ke satuan kerja (satker) KPU hingga tingkat kab/kota, mulai penyusunan materi sosialisasi indeks partisipasi pemilu.

Kedua, rapat ini juga untuk menyusun secara berkala publikasi dan peluncuran indeks partisipasi pemilu.

Mengenai bimtek. Mellaz berpesan kepada tim penyusun dan sekretariat KPU agar menjadikan catatan dan perhatian untuk substansi ataupun metode skala pengukuran yang dilibatkan dalam memperkenalkan dan posisi implementasi Indeks Partisipasi Pemilu.

“Karena kita akan berhadapan dengan tingkat serap berbeda, itu perlu catatan sendiri. Mungkin kalau provinsi tingkat knowledge kan, itu lebih kita butuhkan dalam konteks organisasi. Kalau tingkat kab/kota tingkat eksekusi,” ujar Mellaz.

Baca juga :   Proses Penghitungan Suara, Legislator: Jangan Sampai Timbul Kekhawatiran Publik

Mengenai publikasi secara berkala dan peluncuran indeks partisipasi pemilu. Mellaz menyampaikan ada beberapa hal yang dibutuhkan, yakni perencanaan naskah publikasi edisi pertama, kemudian perencanaan format kegiatan launchingnya. Untuk itu, tim penyusun dalam rapat ini dapat berkoordinasi dengan sekretariat jenderal KPU untuk mengeksekusinya.

Melalui forum yang digelar 24-26 Maret 2023 ini, kata Mellaz, memberikan banyak peta jalan yang lebih jernih bagi implementasi dari indeks partisipasi pemilu yang telah disusun dan sedang dalam tahap penyempurnaan.

Sementara itu, Wima menyampaikan pentingnya indeks partisipasi pemilu ini agar KPU mendapatkan angka persentase sebagai pertanggungjawaban ke publik. Angka persentase partisipasi masyarakat diharapkan naik untuk Pemilu 2024.

“Itulah sebagai bentuk pertanggungjawaban kita, termasuk satker kita, mereka juga kita arahkan, instruksikan agar partisipasi dari sisi kualitatif naik, dari kuantitatif juga naik,bagaimana kajiannya, seperti apa analisanya, seperti apa risetnya, library field studinya itu [sejalan] dari tim indeks partisipasi pemilu,” kata Wima.

Baca juga :   Sah! Anggota Bawaslu RI Puadi, Gunakan Hak Suara di Pemilu 2024

Wima pun berharap lahir dokumentasi valid dan ilmiah dari pengimplementasian indeks partisipasi pemilu nantinya dari para tim penyusun.

“Bentuk buku bisa, dokumentasi sebagai bahan kajian para ahli ke depan untuk Pemilu 2029, bagaimana demokrasi lebih baik dan seterusnya. Untuk itu dari kajian-kajian bapak/ibu yang perlu dibukukan,” ungkap Wima.

Menyampaikan laporan kegiatan, Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Cahyo Ariawan menyampaikan rapat ini penting untuk dilaksanakan guna pematangan program indeks partisipasi pemilu dari segi materi, peluncurannya, publikasinya, hingga pematangan fitur indeks partisipasi pemilih yang terdapat di Siparmas dan serangkaian kegiatan yang menunjang.

Hadir, Tim Penyusun dari Universitas Nusa Cendana, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, STIA LAN, Sindikasi Pemilu dan Demokrasi, Exposit Strategic, Populi Center serta jajaran Setjen KPU.

Sumber: kpu.go.id

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,754

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *