Klik NewsSosial Budaya

Hasil Euro 2020: Portugal Hajar Hungaria 3-0, Ronaldo Pecahkan Rekor Euro

Tim nasional Portugal mengawali laga perdana Grup F Euro 2020 dengan hasil meyakinkan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tuan rumah Hungaria dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Puskas Area, Budapes, Hungaria, Selasa (15/06/2021).

Kemenangan tim berjuluk Samba Eropa itu ditentukan pada 10 menit terakhir. Raphael Guerreiro memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak pada menit ke-84. Selanjutnya dua gol lainnya diborong oleh Ronaldo pada menit ke-87 dan 90+2.

Dalam laga yang dipimpin oleh Cuneyt Cakir, Portugal lebih banyak mendominasi permainan. Peluang demi peluang dihasilkan, namun mentah oleh kegemilangan kiper Hungaria, Peter Gulacsi.

Sementara Hungaria, meskipun bertanding di kandang sendiri, hanya mengandalkan serangan balik untuk mencetak kemenangan.

Pemain asal Liverpool, Diogo Jota berkali-kali mengancam gawang Gulacsi. Pada menit ke-5, tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa ditahan oleh Gulacsi.

Pada menit ke-40, Jota yang menerima umpan dari Nelson Semedo berhasil melakukan tendangan membalik badan dari jarak dekat, namun Gulacsi kembali mementahkannya.

Baca juga :   Hasil Liga Champion Asia: C.Ronaldo Antarkan Al Nassr Lolos Perempat Final

Hingga akhir babak pertama, tidak ada gol yang tercipta. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Pada babak kedua, Portugal semakin meningkat serangannya. Sementara Hungaria masih dengan posisi bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik.

Tiga menit dari kickoff babak kedua, Pepe menanduk bola kiriman sepak pojok Bruno Fernandes, namun kembali penjaga gawang Hungaria itu melakukan penyelamatan gemilang dengan membloknya.

Hungaria balas memberikan ancaman pada menit ke-50 yang kembali dibuat Szalai dan Rui Patricio juga bermain cemerlang menjaga gawang Portugal.

Tujuh menit setelah itu giliran Roland Sallai yang memaksa Rui Patricio memaksa melakukan penyelamatan.

Tak kunjung menjebol gawang Hungaria, pelatih Fernando Santos menarik Jota dan William Carvalho dengan duet Andre Silva dan Renato Sanches pada menit 81.

Keputusan tersebut membuahkan hasil karena membuka lebar pertahanan Hungaria dengan energi tusukan yang diberikan Renato.

Tiga menit kemudian keputusan Santos itu membuahkan hasil ketika bola kiriman Rafa Silva membentur kaki pemain Hungaria untuk jatuh ke kaki Raphaël Guerreiro yang menyonteknya dan bola kembali terbelokkan arahnya sehingga mengecoh Gulasci untuk masuk ke gawangnya.

Baca juga :   Hasil Liga Champion Asia: C.Ronaldo Antarkan Al Nassr Lolos Perempat Final

Tiga menit kemudian pada menit 87, Portugal mendapatkan hadiah penalti ketika Willi Orban menarik Rafa Silva di kotak penalti Hungaria yang tak ayal berbuah penalti dan sekaligus kartu kuning.

Ronaldo sukses mengeksekusi tendangan penalti ini ketika mengirim bola yang mengecoh Gulacsi bergerak ke arah yang salah sehingga Portugal menggandakan kedudukan 2-0.

Ronaldo kembali menciptakan gol setelah bermain satu dua dengan Rafa Silva, menyusul bola kiriman dari Renato Sanchez, yang diakhiri dengan gerakan mengecoh Gulasci untuk menciptakan gol ke-106 dia untuk Portugal.

Ronaldo Cetak Rekor Euro

Dua gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo itu merupakan gol yang ke-11 sepanjang karirnya mengikuti turnamen Euro.

Catatan itu sekaligus memecahkan rekor gol yang dicetak oleh legenda Prancis Michel Platini sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang turnamen Euro.

Ronaldo dan Platini sebelumnya memegang rekor sembilan gol sebelum turnamen berlangsung, akan tetapi dua gol telat sayap timnas Portugal terhadap Hungaria mencatatkan namanya melewati Platini.

Baca juga :   Hasil Liga Champion Asia: C.Ronaldo Antarkan Al Nassr Lolos Perempat Final

Selain melewati rekor Platini, pemain berusia 36 tahun itu juga memperpanjang rekor sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol pada lima putaran final Euro yang berbeda, serta yang paling banyak melakoni pertandingan, ketika laga melawan Hungaria itu menjadi pertandingan ke-22 bagi Ronaldo sejak debut pada 2004. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *