EkonomiInfo KlikersInternasionalPariwisataPolitikSosial BudayaTraveller

Peran Diplomasi Dalam Promosi Wisata Bahari, Presiden Jokowi: Jangan Abaikan Diplomasi Dalam Membangun Maritim

Presiden Jokowi menekankan peran penting diplomasi dalam pembangunan kekuatan maritim. Berkaitan dengan wisata bahari, salah satu peran penting diplomasi adalah melakukan promosi potensi wisata di tingkat internasional.

Diplomasi sendiri merupakan suatu alat yang membawa kepentingan negara dalam level tertentu.

Diplomasi sebagai bagian utama dari politik luar negri Indonesia perlu didesain untuk mampu mempertemukan kepentingan nasional Indonesia khususnya dalam promosi wisata bahari dengan lingkungan internasional yang selalu berubah.

Indonesia sebagai negara kepulauan, terkenal dengan wisata baharinya.

salah satu aspek penting dalam wisata bahari adalah aspek promosi, khusunya promosi wisata di perwakilan Indonesia di luar negri.

Promosi wisata dapat dilakukan melalui perwakilan Indonesia di luar negri, baik kedutaan besar, konsultan jendral, maupun lembaga-lembaga swasta lain.

Melalui promosi wisata langsung di negara-negara tujuan, praktek diplomasi dapat secara langsung bertemu dengan masyarakat di negara-negara asing. 

Walaupun promosi wisata di luar negri hanya salah satu sektor kecil dari strategi promosi yang dilancarkan Kemenpar dan dikoordinasi Kemenko Maritim,upaya promosi perwakila Indonesia di luar negri justru bernilai startegis.

Baca juga :   Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Presiden Jokowi Soroti Peran Penting UMKM

Pertemuan langusung, berdialog,bernegosiasi, dan melakukan lobi secara langusung dengan pihak pembeli paket wisata bahari merupakan bagian-bagian penting dari kegiatan promosi wisata bahari di luar negri.

Untuk meningkatkan peran diplomasi dalam promosi wisata bahari Indonesia di luar negri, rekomendasi kebijakan meliputi: identifikasi peran dan tanggung jawab masing-masing stakeholders wisata bahari, peningkatan sinergi dan kualitas kerjasama antar-sektor, penggunaan tagname tunggal untuk mendukung fokus promosi wisata, dan pemanfaatan berbagai kantor perwakilan diplomatik, promosi perdagangan dan rumah budaya untuk provinsi wisata bahari.

Wisata Bahari adalah bentuk wisata yang menggunakan atau memanfaatkan potensi lingkungan pantai sebagai daya tarik utama. 

Mulai 2015 hingga 2019, wisata bahari meruapakan salah satu program unggulan dan prioritas dalam pembangunan kepariwisataan nasional.

Wisata bahari telah menjadi salah satu kebijakan penting bagi pemerintahan Jokowi dalam membangun dan memproleh manfaat terbesar dari sektor maritim.

Referensi :

Nikolaus Loy, dkk. 2019. Melancong Ke Laut. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Baca juga :   Jangan Ada Sekolah yang Tertinggal Karena Belum Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,867

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *