Ekonomi

Pemprov Jatim Akan Bangun Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan membangun kilang minyak terbesar di Indonesia. Proyek ini akan dilakukan bekerja sama dengan PT Pertamina. Rencananya, dimulai bulan Januari 2019.

”Tadi, Pak Gubernur menerima kunjungan dari PT Pertamina yang rencananya ada kerjasama untuk pembangunan kilang minyak di Kabupaten Tuban. Rencananya, bulan Januari 2019 ini sudah mulai pengerjaannya,” ungkap Kadis ESDM Pemprov Jatim, Setiadjid di Surabaya, Senin (07/01/2019).

Mantan Kadisnakertrans tersebut mengatakan, untuk realisasi pembangunannya akan membutuhkan dana sebesar 15,6 Milliar dollar atau sebesar Rp 330 Triliun. “Nantinya akan menghasilkan minyak lebih kurang 300 ribu perbarrel per hari,” ungkapnya.

 

Dikatakan Setiadjid, yang membanggakan selain sebagai kilang terbesar, industri ini akan menyerap tenaga kerja sebesar 20 ribu orang. Ini meliputi pekerjaan mulai dari pembangunannya, hingga pengoperasian kilang minyak tersebut. “Harapannya bisa menyerap tenaga kerja lokal di sekitar kilang minyak tersebut dan masyarakat Jatim pada umumnya,” sambungnya.

Dalam realisasi pembangunannya, dibutuhkan lahan seluas 800 Ha dengan reklamasi 300 Ha. “Total lahannya mencapai 1000 Ha dan dari informasi dari PT Pertamina lebih besar dari kilang minyak di Malaysia,” jelasnya.

 

Ditambahkan oleh Setiadjid, nantinya kilang minyak di Tuban tersebut akan didirikan di Kecamatan Njenuh dengan tiga desa  di dalamnya, diantaranya Desa Wadung, Desa Sumur Geneng dan Desa Werdoso. (*)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 344

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *