Klik NewsPolitik

Arus Survei Indonesia: Anies Baswedan Figur Paling Punya Kapasitas Sebagai Capres 2024 Versi Pakar

Arus Survei Indonesia merilis hasil survei “Menimbang Kapasitas Calon Presiden 2024” pada Selasa (13/07/2021) secara virtual.

Hasil survei tersebut menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai figur paling punya kapasitas sebagai calon presiden 2024.

Survei tersebut dilaksanakan pada 02-10 Juli 2021 dengan melibatkan 130 pakar/public opinion makers yang terdiri dari 10 kategori, yakni akedemisi, jurnalis, pengamat/peneliti, partai politik, ormas/LSM, pengusaha, aktivis mahasiswa, budayawan, kalangan profesional, dan praktisi pemerintahan.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Ri’fan mengatakan hasil survei tersebut bukan berdasarkan popularitas di masyarakat, melainkan penilaian dari pakar.

“Setahun terakhir ini survei yang kerap dikeluarkan berbagai lembaga survei politik adalah survei mengenai elektabilitas presiden di mata masyarakat. Jadi dalam survei kali ini saya lebih menekankan survei elite, bukan survei popularitas di tengah masyarakat,” ujar Ali Ri’fan, Selasa (13/07/2021).

Survei yang dilakukan oleh Arus Suveri Indonesia itu menggunakan metode purposive sampling, yakni sampling diambil tidak secara acak dan sesuai dengan jumlah sampel yang telah ditetapkan.

Baca juga :   Kunjungi Sentra Gerabah di Klaten, Puan Beli Cobek dan Wadah Kendi Ulir

Penilaian kapasitas personal para figur dibatasi pada Sembilan aspek, yaitu visi & intelektualitas, track record/rekam jejak, karakter & integritas, skill komunikasi, kemampuan mengambil keputusan tepat.

Selanjutnya skill mengelola birokrasi, skill mengelola krisis, kemampuan memenuhi janji, dan kemampuan kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Hasilnya, Anies Baswedan menempati posisi paling atas dengan nilai 75,44. Anies disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan nilai 74,93. Di posisi ketiga ada Ganjar Pranowo dengan nilai 74,8. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262