Global ReviewHukum-KriminalInternasionalKlik News

Komandan Militer Senior Libya Mahmoud al-Werfalli Terbunuh di Benghazi

Mahmoud al-Werfalli, panglima perang Libya yang diburu oleh Pengadilan Kriminal Internasional ditembak mati pada Rabu (24/03/2021) di Benghazi, bagian timur Libya.

al-Werfalli merupakan loyalis Marsekal Khalifa Haftar, orang kuat dari Libya timur dan Kepala Tentara Nasional Libya. Al-Werfalli masuk ke dalam daftar perintah penangkapan Pengadilan Kriminal Internasional karena kejahatan perang.

Menurut sumber keamanan, Mahmoud al-Werfalli ditembak mati oleh orang-orang bersenjata tak dikenal saat berada di dalam kendaraannya di Benghazi tengah. Dengan luka parah, dia dievakuasi ke pusat medis Benghazi dan meninggal.

Al-Werfalli adalah seorang komandan di Brigade Al-Saiqa, unit pasukan khusus yang berafiliasi kepada Tentara Nasional Libya Marsekal Haftar.

Dikenal karena kekejamannya terhadap tahanan politik, al-Wefalli dituduh oleh Pengadilan Internasional telah melakukan “kejahatan perang”, “penyiksaan”, “perlakuan kejam”, dan “kejahatan terhadap kemanusiaan”. Korban Al-Werfalli ini berjumlah 33 orang yang dieksekusi antara Juni 2016 dan Juli 2017.

Mahmoud al-Werfalli dituduh menembak sepuluh orang di depan sebuah masjid di Benghazi pada Januari 2018. “Penembakan ini justru tidak menghalanginya untuk diangkat Marsekal Haftar menjadi panglima perang Libya,” sesal jaksa penuntut umum Pengadilan Kriminal Internasional, Fatou Bensouda.

Pembunuhan al-Werfalli ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan dan persaingan antara faksi-faksi yang bersaing di Libya timur.

Selain itu, dua warga Libya lainnya masih diadili oleh Pengadilan Kriminal Internasional: pertama, Seif al-Islam Gadhafi, putra mantan diktator Muammar Gadhafi yang sekarang nasibnya tidak diketahui, dan kedua, Al-Tuhamy Mohamed Khaled, mantan Ketua Badan Keamanan Dalam Negeri Libya, yang diduga menyiksa penentang rezim Gaddafi. Keduanya dicari karena kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sumber: RFI

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,287