Info KlikersInternasionalSosial Budaya

Mengunjungi University of Rhode Island, Kampus di Negara Bagian Terkecil di Amerika, Tempat Kuliah Robert Ballard Penemu Bangkai Titanic

Rhode Island State adalah salah satu negara bagian Amerika yang paling kecil wilayahnya di Amerika. Jumlah penduduknya kurang dari 1 juta jiwa.

Namun, berdiri sebuah kampus yang luar biasa. University of Rhode Island (URI) yang terletak di kota Kingston, Rhode Island State.

Jumlah mahasiswa kampus URI sangat besar untuk kategori negara bagian terkecil yaitu sekitar 17.000 mahasiswa, dengan beberapa fakultas unggulan, seperti Kelautan, Perikanan, Farmasi, dll.

Robert Ballard, penemu bangkai kapal titanic merupakan salah satu alumni universitas URI

Cerita ini kami dapatkan saya saya dan teman-teman diaspora berkunjung ke kampus URI pada rabu (07/06/2023). Saya bersama Martha Bire asal Kupang, NTT, alumni Master Interreligious Studies dan Ade Irwansyah mahasiswa Amerika asal Jambi-Padang, mahasiswa program Master Interreligious Studies.

Saat itu kami sedang mendampingi Dr. Rumtini, salah satu pendamping Tim Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) selama di kota Hartford, di Kampus Connecticut, dan kemudina berkunjung ke kampus University of Rhode Island (URI) di kota Kingston, Rhode Island State.

“Salah satu alumninya terkenal, Robert Ballard, penemu bangkai Kapal Titanic tahun 1985, yang tenggelam tahun 1912.” Kata Christina salah diaspora Indonesia yang juga bekerja di bagian Global Initiative URI.

Selain diterima langsung oleh Christina. Rombongan kami ditemani oleh Fayad, mahasiswa asal Aceh yang mengaku mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Aceh untuk program master dan sedang menyiapkan diri untuk lanjut program doktoral.

Menurut mereka berdua, “ada sekitar 70 mahasiswa Indonesia di URI, kebanyakan dari Papua dan Aceh, semuanya mendapat beasiswa dari Pemerintah Provinsinya.”

Program seperti ini patut dicontoh oleh Pemerintah Provinsi lainnya di Indonesia, kata saya ke mereka.

Sebelum pulang, kami jalan-jalan mengelilingi satu di antara enam kampus URI yang memiliki bangunan berbentuk kastil klasik.

Oleh : M. Saleh Mude

What's your reaction?

Related Posts

1 of 791

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *