Info KlikersPendidikan

Tingkatkan Potensi Usaha Mikro dan Menengah, Disdik Gelar Pelatihan E-Commerce untuk Siswa SKB

Dalam upaya meningkatkan potensi dan daya saing usaha mikro dan menengah (UMKM), Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (DISDIK) menggelar pelatihan E-Commerce untuk siswa SKB atau Siswa Paket C dan B.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital dan platform E-commerce guna memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan.

Berlangsung di LPK Bima Can Nusantara Tangerang Selatan l. Reformasi III, RT.005/RW.004, Pd. Aren, Kec. Pd. Aren, Kegiatan ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 26-28 Juli 2023.

Acara pelatihan E-commerce ini diikuti oleh lebih 15 peserta dari profesi yang berbeda mulai dari Gojek Online, Ibu Rumah Tangga, Pedagang Bakso dan lain sebagainya.

Selama pelatihan berlangsung, peserta mendapatkan materi dan praktek langsung tentang strategi pemasaran online, manajemen toko virtual, teknik fotografi produk, pengelolaan transaksi, hingga logistik pengiriman.

Selain itu, mereka juga diberikan wawasan mengenai peluang pasar di era digital dan bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif.

Baca juga :   Hidayatullah Apresiasi Dukungan dan Penguatan OJK terhadap UMKM Binaan di Sidoarjo

Selanjutnya peserta juga dibekali praktik langsung di akun E-Commerce masing-masing mulai dari membuat market place, mengupload produk, mempromosikan produk, hingga mengiklankan produknya.

Peserta pelatihan merasa antusias dengan kesempatan ini. Bapak Toto Susanto salah satu peserta, menyatakan, “Saya senang bisa mengikuti pelatihan E-Commerce ini karena mendapat banyak ilmu tentang dunia usaha” ungkap Toto saat memberikan pesan dan kesan di hari terakhir kegiatan, Jumat (28/07/2023).

Bahkan Toto mengungkapan kini dirinya bisa berjualan disela-sela profesinya sebagai dirver gojek online.

Sementara itu, Ibu Iis, seorang ibu rumah tangga sangat bersyukur dan terbatu dengan kegiatan pelatihan E-Commerce ini.

” Alhamdulillah saya dapat mengikuti kegiatan ini, saya merasa terbantu karena sebagai ibu rumah tangga saya juga berjualan. Sebelumnya saya meggunakan shoope hanya untuk membeli barang, kini saya juga bisa berjualan” ungkapnya.

Pelatihan E-commerce ini menjadi langkah maju bagi para siswa SKB untuk terjun dalam dunia usaha yang memanfaatkan teknologi digitaldalam persaingan global.

Baca juga :   Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Presiden Jokowi Soroti Peran Penting UMKM

Hadir sebagai trainer dalam kegiatan pelatihan E-Commerce ini Moh. Yasin (Founder Lembaga Survei LSIN) dan Arifin (Jurnalis Klikers.id).

What's your reaction?

Related Posts

1 of 809

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *