berita klikersInfo KlikersPolitik

Kawal Pemilu 2024, Tim Hukum Nasional Anies Baswedan Gelar Training of Trainers Saksi Demokrasi

Tim Hukum Nasional Anies Baswedan (THN ABW) menyelenggarakan acara “Training of Trainers Saksi Demokrasi” (TOT Saksi Demokrasi) di Yogyakarta, pada Sabtu (14/10/2023). Sebagai tuan rumah kegiatan ini adalah THN ABW Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam keterangan tertulis, Direktur Eksekutif THN ABW Zuhad Aji Firmantoro mengatakan TOT ini diselenggarakan guna mempersiapkan kompetensi saksi sebagai pengawal pemilu yang dilakukan, tidak hanya untuk kepentingan pemenangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN), tetapi sebagai ikhtiar menegakkan demokrasi.

“Sesuai arahan dari Ketua THN ABW Dr. Ari Yusuf Amir, acara ini diselenggarakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi saksi dan relawan saat akan bertugas baik sebelum hari pemungutan suara, saat pemungutan suara, maupun setelah pemungutan suara,” jelas Zuhad pada Sabtu (14/10/2023).

Ia mengungkapkan saksi merupakan garda terdepan dalam rangka memastikan kemenangan pasangan AMIN. Oleh karena itu, saksi harus memiliki keahlian, khususnya di bidang hukum pemilu.

Baca juga :   Pilkada Jakarta: Polling Klikers Indonesia Sebut Tiga Nama Muncul Tempati Posisi Teratas

“Keahlian tersebut yang akan digunakan saksi sebagai alat ukur utama dalam menentukan benar atau salahnya proses pemungutan dan rekapitulasi suara,” kata Zuhad.

Sehingga, lanjut Zuhad, saksi dapat lebih optimal dalam mengawal proses demokrasi dan membantu THN ABW dalam menganalisa langkah-langkah hukum yang perlu dilakukan oleh pasangan AMIN sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Ia berharap setelah acara ini, para peserta diharapkan mampu menyebarluaskan pemahaman kepada para saksi yang bertugas secara teknis di lapangan. Sehingga dengan demikian pengetahuan dan keterampilan menjadi saksi demokrasi dapat disebarluaskan seluas-luasnya.

Koordinator THN ABW DIY Feryan Harto Nugroho, SH. C.PS menambahkan kegiatan TOT Saksi Demokrasi ini merupakan ikhtiar untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sebagai upaya untuk menghadirkan Pemilu yang bermartabat.

Ia menegaskan THN ABW DIY akan terus melakukan konsolidasi agar potensi kecurangan yang mungkin terjadi pada pemilu 2024 nanti bisa dicegah.

Acara TOT Saksi Demokrasi diikuti oleh 65 peserta yang mewakili beberapa daerah. Peserta ini berasal dari THN ABW dan masyarakat umum yang direkomendasikan oleh tim relawan.

Baca juga :   Sah! Anggota Bawaslu RI Puadi, Gunakan Hak Suara di Pemilu 2024

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,395

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *