Info Klikers

Bawaslu Minta Para Kandidat Capres-Cawapres Tidak Melakukan Kampanye Sebelum Masanya

KLIKERS INDONESIA – Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) meminta kepada semua capres dan cawapres untuk tidak melakukan ajakan atau kampanye sebelum masanya tiba.

Diketahui, ajakan memilih tersebut setelah proses pengundian nomor urut capres dan cawapres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, pada Selasa (14/11/2023).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan kampanye terdiri dari tiga unsur, yakni subjek, upaya meyakinkan, dan penawaran visi-misi, program, atau citra diri. Ia memastikan ada unsur ajakan memilih dari sambutan yang disampaikan capres dan cawapres peserta Pemilu 2024 tadi malam.

Kendati demikian, Bagja belum dapat memastikan apakah sambutan para capres dan cawapres itu masuk kategori pelanggaran pemilu.

“Kita lihat nanti (pelanggarannya). Kan masuk laporan hasil pengawasan, masuk ke form A,” ujar Bagja saat dikonfirmasi sejumlah awak media, dikutip Rabu (15/11).

Menurutnya, Bawaslu masih akan melakukan kajian untuk menentukan ada atau tidaknya pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh capres dan cawapres saat memberikan sambutan di Kantor KPU. Ia mengaku sudah mengingatkan partai politik peserta Pemilu 2024 sejak jelang masa penetapan capres-cawapres bahwa saat ini masih tahap sosialisasi.

Baca juga :   Pemungutan Suara 2024 di Luar Negeri (WNI) Sudah Dilakukan di Beberapa Negara, Berikut Jadwal Pemungutan Suara Resmi

“Kami sudah mewanti-wanti, yang penting jangan ada upaya untuk meyakinkan, apalagi di lembaga penyelenggara pemilu,” tandas Bagja.

Salah satu ajakan memilih yang mengemuka disampaikan cawapres pendamping Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar. Saat memberikan sambutan, Cak Imin sempat menyisipkan sebuah pantun. “Ke Mamuju, jangan lupa pakai sepatu. Kalau ingin maju, pilihlah nomor satu.”

Sementara itu, capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memang tidak secara eksplisit mengajak masyarakat untuk memilih dirinya dan Gibran Rakabuming Raka selaku cawapresnya.

Namun, setelah secara resmi mendapatkan nomor urut 2, Gibran tampak mengangkat poster yang membentuk isyarat V atau victory hand. Adapun cawapres pendamping Ganjar Pranowo, Mahfud MD, juga ikut-ikutan menyampaikan pantun berisi ajakan memilih. “Hukum yang tegak harapan kita. Sejahtera merata di depan bersama. Ganjar-Mahfud pilihan kita. Gotong royong pilih nomor tiga.”

What's your reaction?

Related Posts

1 of 779

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *