HeadlineOpiniPolitik

Pembiayaan Pilpres dan Parpol Di Amerika Ada Dana Publik Hingga Pembatasan Belanja Politik

Pemilu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Masing-masing negara memiliki mekanisme pembiayaan untuk Pemilu termasuk di dalamnya pembiayaan terhadap Parpol dan Pilpes.

Pilpres di Indonesia biasanya pembiayaan melibatkan pihak swasta, bahkan kebutuhan terhadap Pilpres di Indonesia angkanya tembus hingga triliunan rupiah. Faktor mahalnya pembiayaan inilah yang sering menjadi sumber praktik deal-deal politik antara pengusaha dengan penguasa (politisi).

Bagaimana dengan pembiayaan poliitk di Amerika?. Di negara Amerika dana publik hanya tersedia sehubungan dengan pemilihan presiden.

Adapun peruntukan dana publik dalam konetstasi Pilpres biasanya disediakan untuk konvensi pencalonan partai yang berkualifikasi, kandidat pemilihan umum presiden dan kandidat pemilihan umum presiden dalam urutan prioritas tersebut.

Dimana, semua dana publik bersifat sukarela dan beberapa kandidat memilih untuk tidak berpartisipasi.

Ketentuan tentang dana publik tersbeut sebagaimana ditentukan dalam aturan tentang pendanaan publik di Amerika yang tercantum dalam Paragraphs 9001 hingga 9042, United States Code, Judul 26, Internal Revenue Code.

Regulasi di Amerika mengatur dimana setiap partai politik besar di Amerika berhak atas $ 4 juta (ditambah penyesuaian biaya hidup) untuk membiayai konvensi pencalonan Presiden nasionalnya.

Baca juga :   Demokrasi atau Democrazy

Sementara partai kecil yang memenuhi syarat dapat memenuhi syarat untuk pendanaan konvensi parsial berdasarkan partai politik calon Presiden dari pemilihan umum dalam pemilihan Presiden sebelumnya.

Hal ini sebagaimana diuraikan oleh Sri Yuniarti dalam tulisannya berjudul “Pendanaan Negara Kepada Partai Politik : Pengalaman Beberapa Negara yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Politik, LIPI Volume 16, No. 2 Desember 2019.

Dana Hibah

Calon presiden di Amerika dari setiap partai besar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah publik sebesar $ 20 juta (ditambah penyesuaian biaya hidup) untuk berkampanye dalam pemilihan umum.

Agar memenuhi syarat untuk menerima dana publik, seorang kandidat Capres harus membatasi pengeluaran dengan jumlah hibah dan mungkin tidak menerima kontribusi pribadi untuk kampanye.

Regulasi Amerika ketentuan pada Paragraf 9004 poin (1) mengatur bahwa calon presiden yang memenuhi syarat dari setiap partai besar dalam pemilihan presiden berhak atas pembayaran yang sama berdasarkan pasal 9006 dalam jumlah yang, secara agregat, tidak akan melebihi batasan pengeluaran yang berlaku untuk kandidat tersebut.

Kemudian, berdasarkan pasal 441a, calon yang memenuhi syarat dari partai kecil dalam pemilihan presiden berhak atas pembayaran berdasarkan pasal 9006 yang sama dalam jumlah agregat dengan jumlah yang memiliki rasio yang sama dengan jumlah diizinkan.

Baca juga :   Diaspora Indonesia Connecticut Gelar Malam Budaya 'Cinta Indonesia'

Berdasarkan ayat (1) untuk partai besar karena jumlah suara populer yang diterima oleh kandidat untuk Presiden partai minor, sebagaimana kandidat tersebut, dalam pemilihan presiden sebelumnya dikenakan terhadap rata-rata jumlah suara populer yang diterima oleh kandidat untuk presiden dari partai-partai besar dalam pemilihan presiden sebelumnya.
Pendanaan konvensi diperuntukkan untuk membiayai konvensi pencalonan Presiden.

Setiap partai politik besar berhak atas $ 4 juta (ditambah penyesuaian biaya hidup) untuk membiayai konvensi pencalonan Presiden nasionalnya.

Suatu partai kecil yang memenuhi syarat dapat memenuhi syarat untuk pendanaan konvensi parsial berdasarkan partai politik calon Presiden dari pemilihan umum dalam pemilihan presiden sebelumnya.

Diatur juga di Amerika bahwa Komite konvensi partai tidak boleh menghabiskan lebih dari jumlah yang menjadi hak partai besar.

Pembatasan Pengeluaran

Agar memenuhi syarat untuk menerima publik dana dalam pemilihan umum, seorang kandidat Capres di Amerika harus membatasi pengeluaran untuk jumlah hibah dan tidak menerima kontribusi pribadi untuk kampanye.

Baca juga :   Manifesto Jakarta, Dukungan Alumni HMI untuk Anies Baswedan sebagai Presiden RI 2024-2029

AMerika mengatur terkait kontribusi pribadi, yaitu kontribusi pribadi hanya dapat diterima untuk akun khusus yang dikelola secara eksklusif untuk membayar biaya hukum dan akuntansi yang terkait dengan audit dana kampanye.

Parpol Kecil

Adapun untuk ketentuan Parpol kecil, Jumlah dana publik untuk partai kecil (menerima antara 5 dan 25 persen dari total suara populer dalam pemilihan presiden sebelumnya).

Kandidat Capres berhak mendapatkan dana didasarkan pada rasio suara partai yang diterima dalam pemilihan presiden sebelumnya berdasarkan jumlah suara rata-rata dari dua kandidat partai besar dalam pemilihan itu.

Sementara untuk Partai baru kandidat (partai yang bukan partai besar atau partai kecil) menerima dana publik parsial setelah pemilihan jika dia mendapatkan sekurang-kurangnya lima persen atau lebih.

Sementara ketentuan pembiayaan tidak langsung di Amerika dalam bentuk kompensasi pembebasan biaya dari membayar pajak.

Regulasi Amerika mengatur bahwa bantuan negara pada partai politik yang bersifat tidak langsung adalah dibebaskannnya organisasi politik dari kewajiban membayar pajak.

Sedangkan ketentuan untuk pendanaan publik dalam bentuk pemberian air time bebas pada media elektronik tidak ada.

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,127

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *