Global Review

Serangan udara Israel halau pengiriman senjata dari Iran ke Suriah

JEDDAH: Israel melakukan serangan udara di bandara Aleppo di Suriah utara. Serangan ini melumpuhkan landasan pacu tepat ketika sebuah pesawat kargo yang dinilai memiliki hubungan dengan Korps Pengawal Revolusi Islam akan mendarat.

Foto-foto yang muncul mengkonfirmasi bahwa Israel telah mengintensifkan serangan di bandara Suriah untuk mengganggu peningkatan penggunaan jalur pasokan udara Iran yang mengirimkan senjata ke sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah.

Tepat sebelum serangan hari Rabu, sinyal transponder pada pesawat kargo Antonov An-74 yang diterbangkan oleh Yas Air menunjukkan bahwa pesawat itu akan mendarat di bandara. Yas Air berada di bawah sanksi Departemen Keuangan AS karena mengangkut senjata atas nama Pengawal Revolusi.

Israel juga melakukan serangan di bandara Damaskus, merusak peralatan, serangan kedua sejak Juni ketika serangan udara Israel di landasan pacu membuatnya tidak dapat digunakan selama dua minggu.

Sebuah sumber diplomatik regional mengatakan serangan itu menandai pergeseran penargetan Israel. “Mereka mulai menyerang infrastruktur yang digunakan oleh Iran untuk pasokan amunisi ke Lebanon,” kata sumber itu.

Serangan itu juga memberikan petunjuk di mana Iran meningkatkan keterlibatannya, kata Nawar Shaaban, seorang analis di Pusat Studi Strategis Omran. “Hal yang berbahaya adalah ketika kita melihat daerah-daerah yang terkena, hal itu memberitahu kita bahwa Iran telah menyebar lebih banyak,” katanya. “Setiap kali kita melihat serangan menghantam area baru, reaksinya adalah, ‘Whoah, Israel menyerang di sana.’ Tapi yang harus kita katakan adalah, ‘Whoah, Iran ada di sana’.”

What's your reaction?

Related Posts

1 of 75

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *