Global Review

Mantan PM Imran Khan Ditembak, Hanya Luka-luka

ISLAMABAD: Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan pada hari Kamis bahwa dia nyaris lolos dari “upaya pembunuhan yang direncanakan dengan baik”. Imran terluka di kaki akibat serangan senjata pada konvoi yang memicu protes nasional.

Serangan itu terjadi ketika Khan memimpin pawai ke ibu kota dalam upaya untuk menekan pemerintah agar mengadakan pemilihan awal. Gerakan itu dimulai Jumat lalu di Lahore dan berhenti setiap hari dalam perjalanan ke Islamabad, ibu kota, di mana konvoi berharap untuk tiba pada 11 November. Pendukung Khan dijejalkan ke dalam truk dan mobil dalam konvoi, tetapi banyak juga yang berbaris dengan berjalan kaki.

Mantan PM Pakistan itu dijadwalkan berhenti di Wazirabad, distrik Gujranwala Punjab, hari ini, Kamis. Wazirabad berjarak sekitar 200 kilometer (120 mil) dari Islamabad.

Khan dan ajudan dekatnya Senator Faisal Javed terluka dalam penembakan dari seorang penembak yang berada di wilayah itu saat anggota parlemen berada di sebuah ruangan, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) miliknya.

“Itu adalah upaya pembunuhan yang direncanakan dengan baik pada Imran Khan,” kata ajudan Khan Chaudhry Fawad Hussain, menambahkan bahwa senapan otomatis digunakan. “Tidak ada dua cara tentang itu: itu adalah pelarian yang ketat.”

Dr. Faisal Sultan, yang bertanggung jawab atas perawatan medis Khan, memberi tahu wartawan di luar Rumah Sakit Shaukat Khanum bahwa dia “baik-baik saja.”

“Pecahan peluru ada di kakinya,” kata seorang spesialis penyakit menular di Lahore, tempat Khan dikirim, menambahkan bahwa satu tulang terkelupas. “Dia telah dibawa ke ruang operasi.”

Sultan menolak untuk menjelaskan lebih lanjut. Ia menambahkan bahwa informasi lebih lanjut akan diberikan setelah penyelidikan menyeluruh.

Menyusul insiden senjata itu, foto dan rekaman video yang dirilis di media sosial dan oleh jaringan TV menunjukkan pendukung Khan berbondong-bondong ke jalan-jalan di berbagai kota di seluruh negeri, termasuk Islamabad, Lahore, Karachi, dan Peshawar.

Pendukung PTI memblokir Shahrah-e-Faisal, rute utama di Karachi, ibu kota keuangan negara itu. Protes tercatat di setidaknya 24 lokasi berbeda di seluruh kota, menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup besar.

Para pendukung juga berbondong-bondong ke jalan-jalan Lahore, Punjab, Peshawar, Khyber Pakhtunkhwa, dan Gilgit, serta Lembah Khaplu di wilayah Gilgit-Baltistan yang jauh.

Ketika pertanyaan muncul di seluruh negeri mengenai apakah gerakan protes akan berlanjut setelah peristiwa penembakan, Senator Faisal Javed menyatakan bahwa itu akan terjadi.

Sumber: Arab News

What's your reaction?

Related Posts

1 of 75

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *