Global ReviewHeadline

Presiden AS Joe Biden Printah Lakukan Serangan Udara Terhadap Milisi Pro-Iran di Suriah

Presiden Joe Biden memerintahkan serangan udara terhadap milisi-milisi yang didukung Iran di Suriah pada hari Selasa (23/08/2022). Perintah ini merespon terhadap serangan roket yang menghantam dekat sebuah pangkalan militer di timur laut Suriah yang menampung pasukan AS.

Menurut Komando Pusat AS serangan udara yang dilakukan oleh militer AS menargetkan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Deir ez-Zor Suriah. Serangan tersebut menargetkan “fasilitas infrastruktur yang digunakan oleh kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran,” kata Kolonel Joe Buccino, juru bicara CENTCOM, dalam pernyataan tersebut.

“Berdasarkan arahan Presiden Biden, pasukan militer AS melakukan serangan udara persis di Deir ez-Zor Suriah hari ini. Serangan presisi ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan melindungi pasukan AS dari serangan seperti yang terjadi pada 15 Agustus terhadap personel AS oleh kelompok yang didukung Iran,” katanya.

Serangan ini merupakan respon atas serangan minggu lalu di pangkalan Green Village dekat perbatasan Irak. Serangan itu tidak mengakibatkan kerusakan atau cedera.

Biden, menurut pernyataan itu, “memberi arahan untuk serangan ini sesuai dengan kewenangan Pasal II-nya untuk melindungi dan membela personel AS dengan mengganggu atau menghalangi serangan oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran.”

Buccino mengatakan bahwa AS menargetkan beberapa bunker yang digunakan untuk penyimpanan amunisi dan dukungan logistik oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran di Suriah. Militer AS memantau total 13 bunker di kompleks yang sama secara ekstensif, kata Buccino, dengan total lebih dari 400 jam pengawasan.

Sumber: CNN

What's your reaction?

Related Posts

1 of 649

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *