berita klikersInfo KlikersPendidikan

LPPM UINSU Gelar Acara Awards 2023 di Ajang Promosi, Diseminasi dan Publikasi Karya Penelitian – Pengabdian Insan Akademika UINSU

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LPPM UINSU) telah menyelenggarakan LPPM Award 2023 di Hotel Miyana Medan, Selasa, (28/11/2023).

Ketua LPPM UIN SU, Dr. H. Nispul Khoiri, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang promosi, diseminasi, publikasi atas karya penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian civitas akademika UINSU.

“Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang laksanakan setiap akhir tahun yang digelar oleh LPPM UINSU. Pertama, promosi yang dimaksudkan ialah segala produk penelitian dan pengabdian dosen akan didorong untuk dipromosikan dalam bentuk publikasi karya ilmiah di LP2M UINSU, masing – masing Kapus telah mengelola jurnal tersendiri, mengakomodasi hasil penelitian untuk di publikasikan, “ujar Dr. Nisful.

“Kedua, diseminasi dimaksudkan LP2M memberikan informasi penting dan strategis kepada individu tertentu, kelompok, komunitas dan lainnya. Dalam konteks ini LP2M telah melakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah terkait dengan penananan dan penanggulangan stunting, “ungkapnya.

Nispul melanjutkan, ada beberapa daerah yang cukup responsif terkait hubungan dalam urusan kerjasama dengan UINSU.

Baca juga :   Dekanat FIS UINSU Sosialisaikan PMB di SMAN 1 Kutalimbaru Deli Serdang

“Terdapat beberapa daerah yang cukup responsif dalam melakukab kerjasama dengan UINSU dalam melakukan sosialisasi penanggulangan stunting. Seperti Kabupaten Batubara, Kota Medan dan Kota Tanjung Balai. Ketiga, publikasi bagi segala produk hasil penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi output dan outcome untuk dipublikasikan mulai dari HAKI, Jurnal Nasional dan Jurnal Reputasi Internasional, “terangnya.

Dr. H. Nispul Khoiri, menjelaskan terdapat beberapa nominasi dan indikator penilaian dalam penganugerahan LP2M Award 2023.

“Proses penilaian dan indikatornya dimulai dengan tahapan mekanisme portofolio dan lainnya dilakukan intensifikasi penilaian melalui presentasi dinilai oleh tim juri internal melalui Kepala Pusat Penelitian (Kapuslit), Kapus Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dan Kapus Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M UINSU, “pungkasnya.

Dr. Fitri Hayati selaku Kapus PSGA LP2M UINSU, membacakan kategori Pemerintah Daerah yang responsif dalam membangun kerjasama aktif dengan UINSU dalam penanggulangan stunting. PemKab. Batu Bara, Pemko Medan dan Pemko Tanjung Balai terilih sebagai pemenang dalam menanggapi dan merespon penurunan angka Stanting.

Baca juga :   Dekanat FIS UINSU Sosialisaikan PMB di SMAN 1 Kutalimbaru Deli Serdang

Sub koordinator LP2M UINSU, Dr. Rafnitul Hasanah Harahap membacakan kategori Fakultas di lingkungan UINSU paling aktif berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah jatuh kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU
Kapuslit LP2M UINSU (Dr. Muhammad Irwan Fadli Nasution, ST, MM. M.Kom) membacakan dua kategori nominasi yang pertama adalah Kategori penelitian terbaik ; Juara I terpilih Dr. Adlin Budiawan, juara II Dr. Suci Dahlia Narbila dan juara III adalah Dr. Hendra Cipta.

Kedua adalah Kategori Fakultas terbanyak publikasi ilmiah jatuh kepada Fakultas Ekonomi Bisnis Islam sebagai juara 1 untuk juara ke – 2 di menangkan Fakultas Ilmu Tarbiah Keguruan dan terakhir untuk juara ke – 3 diberikan kepada Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Dr. Putra Apriadi Siregar, SKM. M.Kes selaku Kapus PKM LP2M UINSU juga membacakan tiga kategori nominasi, yang pertama Dosen pengabdian mandiri terbaik Terpilih menjadi juara pertama ialah, Prof. Muhammad Syukri Nasution, juara ke – 2 di berikan ke Dr. Irwansyah Putra dan juara ke – 3 raih oleh Dr. Trini Utami.

Baca juga :   Dekanat FIS UINSU Sosialisaikan PMB di SMAN 1 Kutalimbaru Deli Serdang

Kategori Dosen Pembimbing Lapangan KKN terbaik Jatuh kepada Prof. Dr. Hasan Sadzali, MA, sebagai juara ke – 1, di susul Dr. Muhammad Habibi Siregar, MA sebagai juara ke – 2 dan Juara ke – 3 di raih olrh Dr. Faisal Hamdani, MA. Kategori mahasiswa dengan kelompok KKN terbaik dimenangkan Kelompok KKN Moderasi Beragama di Tanah Toraja sebagai juara ke – 1, juara ke – 2 di raih Kelompok KKN Mandiri di Batam dan terakhir Kelompok 138 KKN reguler sebagai juara ke – 3.

Dr. H. Nispul Khoiri, didampingi Sekretaris LPPM Reni Ria Armayani Hsb, M.E.I, Dr. Rafnitul Hasanah Harahap Sub Koordinator, Kapuslit Dr. Muhammad Irwan Fadli Nasution, ST, MM. M.Kom, Kapus PKM Dr. Putra Apriadi Siregar, SKM. M.Kes dan Kapus PSGA, Dr. Fitri Hayati menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Ibu Rektor UINSU, dan para Wakil Rektor dan seluruh civitas akademika UINSU yang telah memotivasi kegiatan ini.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 833

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *