berita klikersInfo Klikers

Kunker ke Papua, Wujud Komitmen Jokowi Majukan Papua Lewat Pemabngunan

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja(kunker) ke Papua untuk yang ke 17 kali sejak menjabat Presiden, pada jumat 07 juli 2023.

Direktur Eksekutif Human Studies Institute (HSI) menilai kunjungan tersebut merupakan bukti komitmen Jokowi dalam memajukan Papua melalui pemerataan pembangunan di Tanah Air.

“presiden Jokowi kembali membuktikan komitmennya mengubah pola pembangunan Jawa sentris menjadi Indonesia Sentris.”

Ia menambahkan bahwa kunjungan Jokowi ke Papua tidak hanya sekedar untuk meninjau, melainkan akan dilanjutkan dengan pembangunan.

“berkunjung ke daerah dipastikan bukan hanya meninjau, melainkan juga disertai agenda pembanguan, baik infrastuktur fisik maupun sumber daya manusia (SDM),” kata Rismanto dilansir klikers.id dari beberapa sumber berita, Rabu(12/07/2023).

Dosen Universitas Islam 45 Bekasi (Unisma) itu berharap persoalan keamanan di Papua dan mengundang para investor untuk berinvestasi sehingga Papua nantinya dapat lebih maju.

Selain itu Rismanto juga menekankan persoalan lain yang terjadi di Papua seperti pengentasan stunting yang mengancam mengganggu tercapainya program nasional.

Baca juga :   Ramadhan Tiba, Jokowi Sebut Stok Beras Nasional Baik

Ia menyampaikan berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, angka stunting di Bumi Papua tergolong tinggi, diantaranya Provinsi Papua 34,5 persen dan Papua Barat 30 persen.

Lebih lanjut Rismanto mengapresiasi pemerintah yang terus berupaya menekan prevalensi stunting melalui politik anggaran dan berbagai program lintas kementrian/lembaga. Ia berharap pemerintah daerah (pemda) setempat juga memiliki komitmen dan visi yang sama.

” Persoalan stunting tidak bisa hanya dilakukan pemerintah pusat. Pemda juga harus proaktif melakukan berbagai percepatan. Swasta juga harus terlibat,” ujar dia.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 799

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *