berita klikersInfo KlikersPendidikan

BAZNAS dan UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerja Sama Beasiswa Pascasarjana untuk Amil

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menjalin kerja sama pemberian beasiswa pascasarjana.

Kerjasama ini meliputi beasiswa pendidikan jenjang magister (S2) Kajian Filantropi, Kebencanaan, dan Pembangunan Berkelanjutan pada Prodi Interdisciplinary Islamic Studies dan jenjang doktor dan (S3) Prodi Studi Islam Doktor (S3) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tujuan program ini untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang bekerja di BAZNAS seluruh Indonesia.

Penerima beasiswa ditargetkan maksimal 60 peserta dengan formasi 40 untuk S2 dan 20 S3, yang merupakan para amilin atau amilat dari BAZNAS RI, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota.

Program ini menghubungkan tiga hal sekaligus, seperti studi filantropi yang di dalamnya ada manajemen zakat berkorelasi dengan manajemen kebencanaan (disaster management) dan pembangunan aspek berkelanjutan.

“Inilah yang akan kita kembangkan di UIN Yogyakarta terkait program S2 dan S3 BAZNAS yang akan mempelajari perkembangan masyarakat terkait juga kebencanaan. Kita harapkan nanti mahasiswa/amil BAZNAS mempunyai kemampuan atau perangkat analisa yang kuat,” kata Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., di Gedung Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (21/07/2023).

Baca juga :   Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Zakat melalui Baznas

Hadir antara lain Pimpinan BAZNAS RI bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA; Deputi II bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si; Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. phil. H. Al Makin, S.Ag., M.A; Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag.

Menurut Noor, ilmu yang didapat akan sangat membantu untuk dimanfaatkan para amil saat membantu korban bencana.

“Bagaimana filantropi yang baik, pengembangan masyarakat yang baik terkait zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dan pengelolaan kebencanaan yang baik. Jadi ketika ada bencana, tidak sekadar menolong tapi juga membantu masyarakat setelah bencana, terkait trauma healing atau pengembangan ekonomi masyarakat ke depan. Termasuk soal social entrepreneurship. Ini juga menjadi perhatian bagi kita semua, karena entrepreneurship itu terkait kehidupan sosial,” ujarnya.

Noor menambahkan, program beasiswa ini sejalan dengan upaya BAZNAS dalam mengembangkan kompetensi dan kapabilitas para amil BAZNAS. Program ini diharapkan dapat membantu menciptakan SDM yang lebih baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga :   Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Zakat melalui Baznas

“Program ini sejalan dengan upaya BAZNAS yang telah melakukan berbagai upaya pembangunan dan pengembangan SDM,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. H. Phil. Al Makin, S,Ag., MA, menyambut baik kerja sama tersebut. Menurut dia, ini merupakan salah satu upaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk memberikan kontribusi konstruktif di tengah masyarakat.

“Semoga ilmu yang didapat nanti dapat memberi manfaat bagi para amil BAZNAS dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya

Sumber : https://baznas.go.id/

What's your reaction?

Related Posts

1 of 832

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *