Special Klik

Pratu Yusuf Bahrudin Gugur Sebagai Kusuma Bangsa

Keluarga Besar Polda Sulteng dan seluruh personil yang tergabung dalam Satgas Operasi Tinombala 2016 Poso turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya Pratu Yusuf Bahrudin

Dan hari ini, Rabu (21-12-2016), jenasah almarhum telah diterbangkan ke kampung halamanya di Bogor, Jawa Barat. Upacara persemayaman dan pelepasan dilakukan di Bandara Mutiara Palu yang diikuti oleh seluruh pejabat Polda Sulteng, Korem 132 Tadulako dan seluruh pejabat Operasi Tinombala 2016.

Kemarin, Selasa, 20 Desember 2016 di Pos Satgas Tinombala Dusun Maros, Desa Kilo Kecamatan Poso Pesisir Utara, seperti biasa melakukan patroli di area penugasannya.

Mulai dari pagi hingga tengah hari. Pada sekitar pukul 12.15  WITA, aparat menemukan jejak yang diduga bekas aktifitas para DPO sisa Kelompok Santoso. Jejak itu ditelusuri.

Saat melintas sungai terdengar tembakan yang diarahkan pada regu patroli. Seketika terjadilah kontak tembak antara OTK dengan Satgas Tinombala 2016. OTK melarikan diri ke dalam hutan, sementara dua aparat mengalami luka tembak, masing-masing Pratu Yusuf Bahrudin dan Pratu Imam Hanafi.

Melaui radio, mereka meminta bantuan untuk evakuasi. Dan  evakuasi dilakukan lewat darat dan udara. Namun heli yang mencoba melakukan evakuasi kesulitan mendarat karena lokasi yang curam dan cuaca yang tidak memungkinkan.

Tidak menyerah, heli kembali diterbangkan ke lokasi, namun lagi-lagi cuaca sangat buruk. Akhirnya keduanya dievakuasi dengan jalan darat.

Upaya maksimal sudah dilakukan untuk menyelamatkan korban, namun takdir tidak dapat ditolak. Pratu Yusuf Bahrudin gugur saat dilakukan evakuasi.

Prajurit terbaik ini  yakni Pratu Yusuf Bahrudin adalah personil Kesatuan Kopassus yang sedang melaksanakan penugasan BKO Operasi Tinombala 2016 Poso.

Selamat jalan Pratu Yusuf Bahrudin. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga mendapatkan ketabahan dan kesabaran dalam menerima musibah ini.

Sementara itu, Pratu Imam Hanafi yang juga tertembak di punggung saat ini masih dirawat secara intensif di RSUD Poso.

 

 

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556