Special Klik

Mantan Penyidik KPK Diamankan Tim Saber Pungli

Kliksaja.co – Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri mengamankan Perwira menengah Bareskrim Polri AKBP Brotoseno pada Kamis, 17 November 2016.

Pria yang pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini diduga melakukan pemerasan terhadap pihak yang sedang berperkara pada kasus dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat.

Namun, Brotoseno terjaring dalam operasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

“Benar, di Polri kan saya penanggung jawab tim Saber Pungli, ketua pelaksananya Pak Kadiv Propam,” ujar Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno saat dihubungi di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Meski yang dilakukan oleh AKBP Brotoseno adalah dugaan pemerasan, namun menurut Dwi tindakan tersebut masuk kategori pungli. Oleh karenanya, tim Saber Pungli menciduk dia.

“Pemerasan kan sama saja. Pemerasan kan masuk dalam pungli ya,” ucap Dwi.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, AKBP Brotoseno saat ini telah diserahkan ke Bareskrim Polri untuk kepentingan penyelidikan.

“Yang bersangkutan sudah diserahkan ke Bareskrim,” tandas Dwi.

Nama Brotoseno mulai dikenal ketika ia menjalin hubungan dengan terpidana kasus korupsi dalam pembangunan wisma atlet Kemenpora dan Kemendiknas, Angelina Sondakh.

Hubungan keduanya sempat mejadi perhatian publik lantaran Broto saat itu masih bertugas sebagai penyidik di KPK. Brotoseno kemudian ditarik kembali ke institusinya Mabes Polri.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556