Special Klik

Lima Hari Ops Zebra, Satlantas Cianjur Jaring Ribuan Pelanggar Lalu Lintas

Kliksaja.co – Lima hari pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2016, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Cianjur, berhasil menjaring sedikitnya 2 ribu pengendara yang melakukan pelanggaran lalulintas dan diberikan surat tilang.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP R Erik Bangun Prakarsa, melalui KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu I Muhaimin, menjelaskan, dalam satu hari pelaksanaan operasi yang serentak digelar di seluruh wilayah Indonesia, hingga 29 November itu, jajarannya dapat menjaring sekitar 450 pelanggar lalulintas.

Hal itu, Muhaimin menjelaskan, masih rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat Cianjur, dalam berlalu lintas. “Sejak hari pertama hingga hari kelima pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2016, kami telah menjaring sekitar 2 ribuan pelanggar lalulintas. Dalam sehari rata-rata ada 450 pelanggar,” jelas Muhaimin, Senin (21/11/2016).

Muhaimin menyebutkan, pelaksanaan Operasi Zebra itu, untuk meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat terhadap tata tertib lalulintas. Sebab, ungkap Muhaimin, satu di antara faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas adalah tidak disiplin dan patuhnya pengendara saat di jalan raya.

“Untuk pelanggar didominasi usia produktif, dan mereka rata-rata tak memiliki kelengkapan berkendara, dan kendaraannya. Seperti tidak menggunakan helm, bonceng lebih dari satu, tak memiliki surat izin mengemudi (SIM), serta tak melengkapi surat-surat kendaraan,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra, Muhaimin, menuturkan, jajaranya melaksanakan 60 persen penindakan, 20 persen prefentif, dan 20 persen preentif. “Kami harapkan para pengendara dapat mematuhi dan menaati aturan lalulintas. Sebab, kami tak segan untuk melakukan tindakan pelanggaran (tilang, red),” tuturnya. (gap)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556