Special Klik

Infrastruktur Digital Arab Saudi Meningkat, Pandemi Berkurang

Infrastruktur digital Arab Saudi makin meningkat. Meningkatnya infrastruktur ini memungkinkan sektor publik dan swasta dengan mudah menghadapi tantangan pandemi virus corona (COVID-19), kata utusan Kerajaan untuk PBB.

“Dipandu oleh program transformasi nasional, kemajuan teknologi Kerajaan Saudi telah berkontribusi pada peningkatan tingkat transparansi dan efisiensi digital,” kata Abdallah Al-Mouallimi, perwakilan tetap Arab Saudi untuk PBB.

Al-Mouallimi membuat pernyataan ini pada acara tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh Organisasi Kerjasama Digital dengan tema “Membentuk Era Digital yang Komprehensif,” sebuah organisasi global yang baru-baru ini didirikan  untuk mencapai “kemakmuran digital bagi semua.”

DCO bekerja sama dengan pemerintah, sektor swasta, organisasi internasional dan non-pemerintah, serta masyarakat sipil untuk mendorong transformasi digital yang inklusif dan pertumbuhan industri digital.

Badan tujuh anggota DCO terdiri Arab Saudi, Bahrain, Yordania, Kuwait, Nigeria, Oman, dan Pakistan. Badan ini menyumbang populasi 480 juta, 80 persen di antaranya berusia di bawah 35 tahun. DCO terbuka untuk setiap anggota baru yang memiliki tujuan yang sama untuk “memberdayakan pemuda, wanita, dan pengusaha dalam menggapai transformasi digital.”  

Dalam sambutannya, Al-Mouallimi menyoroti pencapaian digital Kerajaan Saudi dan upaya DCO selama pandemi. 

“Mereka membantu kami untuk bekerja dari jarak jauh dan beradaptasi dengan kondisi baru yang diberlakukan oleh pandemi,” kata duta besar, seraya menambahkan bahwa dunia sedang mengalami pergeseran menuju transformasi digital dengan kecepatan yang lebih cepat daripada sebelumnya. 

Digitalisasi menciptakan peluang dan tantangan yang melampaui batas, menjadikan kolaborasi digital sebagai elemen penting dalam memfasilitasi transformasi digital di tingkat internasional, sehingga masa depan digital kita harus lebih inklusif dan upaya global memastikan bahwa teknologi tersedia untuk semua.

Al-Mouallimi menggarisbawahi bahwa kerja sama multilateral diperlukan untuk memenuhi tantangan dan peluang digital. Negara-negara harus memanfaatkan potensi penuh mereka untuk berintegrasi ke era digital, terutama bergantung pada kolaborasi global.

Al-Mouallimi mengatakan bahwa DCO menekankan promosi kerja sama digital untuk memenuhi tantangan saat ini.

“Tujuan inti DCO adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital, serta mempromosikan kemakmuran sosial untuk mencakup semua,” kata utusan itu, menambahkan: “Organisasi ini juga berupaya mengembangkan model ambisius untuk mempromosikan upaya digital global, dan ini membuat kami, sebagai anggota kantor koordinasi organisasi, terpaksa mengerahkan segala upaya untuk mencapai tujuan dan sasaran kami.”

Dia mengatakan bahwa Kerajaan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan dan di seluruh dunia sebagai anggota DCO dan menekankan bahwa Kerajaan akan melanjutkan komitmennya untuk memaksimalkan kemampuan digital di tingkat nasional dan internasional.

Dia menambahkan: “Kerajaan telah menempatkan digitalisasi di garis depan kemajuan teknologi yang dicarinya, dan sebagai hasilnya, beberapa pencapaian luar biasa telah memungkinkan Arab Saudi untuk membuat kemajuan signifikan dalam indikator global, peringkat pertama di antara negara-negara G20 dalam daya saing digital menurut Pusat Daya Saing Digital Eropa.”

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *