Special Klik

Permudah Pahami Auditor Internal dan Eksternal, Cris Kuntadi Luncurkan Buku “Audit Internal Sektor Publik”

Staf Ahli Bidang Logistik,Multimoda dan Keselamatan Kementerian Perhubungan Dr. Cris Kuntadi SE,MM,CA,CPA,QIA, FCMA, CGMA, CIPSAS, CFrA, Ak melakukan launching dan bedah buku “Audit Internal Sektor Publik” di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Tangerang Selatan, Rabu (27/03/2019)

Launching buku Audit Internal Sektor Publik ini bertujuan untuk bisa memahami perbedaan auditor internal dan eksternal.

“Banyak orang yang beranggapan BPKP dengan BPK memiliki tugas yang tumpang tindih,” kata Cris Kuntadi

Auditor internal berfungsi sebagai penilai kualitas  (quality assurance) yang membantu pemerintahan dalam penyelenggaraan manajemen pemerintahan .

“hal ini dilakukan untuk menjamin tercapainya efisiensi dan efektivitas serta memenuhi syarat kehematan,” ungkap Cris.

Dalam paparanya, Cris Kuntadi mengatakan Audit Sektor Publik dilakukan terhadap entitas yang menyediakan pelayanan dan penyediaan barang yang pembiayaannya berasal dari penerimaan pajak dan penerimaan negara lainnya.

Audit sektor publik meliputi audit eksternal dan internal sektor publik. Pelaksana audit eksternal sektor publik adalah Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) dan/atau Kantor Akuntan Publik ( KAP ) yang ditunjuk.

Objek auditnya, menurut Cris, adalah entitas, program, kegiatan, dan fungsi yang terkait dengan pelaksanaan tanggung jawab keuangan negara.

“Kepatuhan terhadap perundang-undangan merupakan faktor dominan karena kegiatan sektor publik sangat terkait dengan perundang-undangan,” kata Cris Kuntadi

Sementara untuk audit internal sektor publik, tugas audit dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP ), Inspektorat Jenderal/Inspektorat Utama/Inspektorat KL, Inspektorat Provinsi atau Inspektorat Kabupaten/Kota.

Hadir dalam peluncuran buku Audit Internal Sektor Publik adalah Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto, Ak.,  M.Acc., M.B.A., Ph.D. , Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati, Ak., M.F.M. , Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) Hasan,  Dosen PKN STAN Muhadi Prabowo, Ak., MBA serta peserta bedah buku. (*)

 

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *