Regional

Usung Tema Lingkungan, KKN Universitas Pekalongan Mendapat Apresiasi Walikota

Sebanyak 208 mahasiswa Universitas Pekalongan (Unikal) akan di 20 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan di Pekalongan dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema lingkungan “Resik Panggonanku-Sehat Wargaku”.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 18 Desember 2019 sampai 21 Januari 2020 ini mendapat apresiasi dari Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz.

Saelany, ketika menerima mahasiswa di Gedung Pusat Inovasi dan Budaya Batik (PIBB) Kota Pekalongan, Rabu (18/12/2019), mengatakan tugas mahasiswa peserta KKN yang paling utama adalah memberi pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Tentu yang dilakukan oleh mahasiswa bukanlah membersihkan tetapi lebih ke memahamkan masyarakat untuk menjaga lingkungan melalui program-programnya,” kata Saelany.

Selany berharap KKN yang bertemakan lingkungan ini mampu menangani permasalahan lingkungan di Kota Pekalongan.

Mahasiswa mampu mengedukasi, membina, dan menyadarkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Mahasiswa yang akan diterjunkan di empat kecamatan di Kota Pekalongan ini ke depannya akan membuat kelompok atau kader peduli lingkungan di tiap kelurahan. Selain itu mengajak peduli terhadap lingkungan, masyarakat juga diajak untuk meningkatkan rasa gotong royongnya,” tutur saelany.

Sementara itu, Rektor Unikal, Suryani SH MHum menjelaskan, adanya KKN Tematik Peduli Lingkungan ini karena melihat kondisi lingkungan Kota Pekalongan yang butuh penanganan dan penyelesaian, mulai dari kebutuhan primer seperti air yang saat ini banyak yang tercemar.

“Kami akan mulai bangkitkan dan menggerakkan masyarakat agar sadar dengan lingkungan, tahap pertama ini edukasi dengan membentuk kader lingkungan. Nantinya akan kita lombakan antar kecamatan,” papar Suryani.

Suryani menambahkan bahwa tahap pertama ini akan dibuat kecamatan peduli lingkungan, tahap kedua nantinya kelurahan peduli lingkungan, dan tahap ketiga membentuk kelurahan mandiri.

“Kami ingin capai tiga tahap KKN Tematik ini membentuk kader lingkungan dan forum sadar lingkungan melalui pendampingan-pendampingan,” tukas Suryani.

KKN Tematik kali ini Unikal bersinergi dengan berbagai OPD seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bappeda, dan OPD lainnya di Kota Pekalongan serta Pemerintah Provinsi Jawa tengah. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396