Regional

RSUD Haji Makassar Terpilih Sebagai RS Ramah Lingkungan se-Sulawesi Selatan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar meraih juara pertama sebagai RS ramah lingkungan dari seluruh RS Provinsi se-Sulawesi Selatan tahun 2019.

Di peringkat kedua ada RS Sayang Rakyat dan RS Pertiwi di peringkat ketiga.

Direktur RS Haji Makassar, Abdul Haris Nawawi mengatakan, keterlibatan semua pihak menjadi kunci dari keberhasilan RS ini menjadi juara pertama.

“Jadi semua termasuk unsur SDMnya, termasuk semua lini yang ada di Rumah Sakit, mulai dari hulu hingga ke hilir harus terlibat semua,” kata Haris Nawawi saat ditemui, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/09/2019).

Haris menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penilaian sehingga bisa meraih RS ramah lingkungan pertama di Sulsel.

“Jadi, ada kebersihan, ada tamannya, harus hijau, hijaunya itu minimal 44 persen dari keseluruhan rumah sakit, kemudian ada layanan bersih, ramah tamah seluruh petugasnya, melayani dengan senyum sapa salam dan santun, sehingga masyarakat merasa belum diberikan tindakan sudah merasa sembuh, ini adalah komunikasi terapeutik,” jelas alumni Kedokteran Gigi Unhas Makassar ini.

Menurutnya, selama ini tidak sedikit masyarakat kalau ke RS menyisakan trauma, sehingga harus dihilangkan. Dari situlah muncul RS ramah lingkungan.

“Alhamdulillah kami sudah meraih rumah sakit ramah lingkungan pertama se-Sulsel tahun ini. Dan diumumkan pada tanggal 17 Agustus tahun ini, di rumah jabatan gubernur. Rumah sakit Haji juara satu, rumah sakit Sayang Rakyat juara dua dan rumah sakit Pertiwi juara tiga,” pungkasnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396