Regional

Raih WTP, Gubernur Siapkan Wilayah Bebas Korupsi Di Jatim

Setelah berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jatim, Gubernur Jawa Timur langsung mempersiapkan diri sebagai wilayah bebas Korupsi (WBK).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ditemui usai acara penghargaan mengatakan pihaknya telah menyampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika ingin menjadi salah satu percontohan wilayah WBK.

“Kemudian terbaru ini kita juga mengeluarkan regulasi internal di Pemprov untuk menyiapkan WBK, wilayah bebas korupsi. Pada posisi posisi ini dulu kan di Kementerian Sosial, kita juga menyampaikan ke KPK, titik-titik ini kita ingin dijadikan salah satu percontohan WBK jadi nggak bisa satu lembaga, gitu,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (2/10).

“Jadi kita sudah membahas internal di Pemprov titik yang kita ingin dijadikan area WBK. Jadi sebetulnya antara WTA WTP dan WBK ini harus berseiring. Ada referensi baru bagi seluruh penyelenggara pemerintahan daerah terutama pengelolaan keuangan daerah itu ada PP 12 tahun 2019,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Khofifah menyebut pihaknya telah melakukan beberapa persiapan untuk meraih predikat WBK. Salah satunya melakukan rapat sinkronisasi program. “Tadi yang dijadikan arahan oleh Wamenkeu antara lain adalah rakorwas, rapat koordinasi bidang pengawasan. Kita sebetulnya sudah beberapa kali melakukan rasin dalam rapat sinkronisasi program, termasuk terakhir dengan para bupati wali kota,” paparnya.

Khofifah menambahkan, pihaknya saat ini masih menyusun quick win untuk menentukan proses percepatan WBK. Sedangkan saat ditanya sudah wilayah mana yang akan menjadi percontohan WBK, Khofifah mengaku belum menentukan. “Oh belum, tapi kita sudah menandatangani surat. Itu kita bahas WBK, kita komunikasikan saja,” lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengucapkan selamat kepada 35 kabupaten dan kota di Jawa Timur yang mendapatkan predikat WTP. Sementara ada 3 daerah yang belum mendapat WTP, yakni Kota Pasuruan, Jember, Tulungagung.

“Ada WTP yang 5 tahun berturut-turut itu Pacitan dan apresiasi kita Sampang untuk pertama kalinya WTP. Ada yang sudah dapat penghargaan WTP sampai 7 kali atau 8 kali, bahkan Kota Malang,” pungkasnya.

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *