Regional

Polda Kalbar Amankan 97 Kg Sabu yang Diselundupkan di Sepanjang 857 Km Jalur Perbatasan Darat dengan Malaysia

Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat dan jajaran, selama 11 bulan terakhir ini berhasil mengamankan 97,658 kilogtram sabu, 63.944 butir happy five di jalur perbatasan darat Kalbar-Malaysia. Sementara, 70 kilogram narkoba diduga telah lolos dan beredar di masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Suhadi Sw. Melalui rilis pada media, dijelaskan bahwa Kalimantan Barat secara geografi sangat rawan dengan masuknya barang-barang terlarang. Terutama narkoba.

Di Kalimantan Barat, sepanjang 857 kilometer adalah wilayah perbatasan darat dengan Malaysia. Di sepanjang jalur itu, terdapat 55 desa yang bisa menghubungkan langsung dengan 32 kampong di Malaysia.

Kondisi teraebut bisa berimplikasi terhadap gangguan Kamtibmas. Termasuk, masuknya narkoba.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar, hampir di setiap Polres atau kabupaten, semuanya ada kasus peredaran gelap narkoba.

Selama tahun 2016 sampai dengan bulan November, peredaran gelap narkoba sudah mencapai 531 kasus. Bila dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan dari 375 kasus naik menjadi 531 kasus, atau naik 156 kasus.

“Kita semua turut prihatin atas lolosnya 70 kilogram sabu. Polri mendapatkan angka 70 kg yang berhasil lolos ini didasarkan pada pengakuan tersangka, bahwa mereka tidak hanya sekali memasukkan barang dari Malaysia, namun yang tertangkap baru sekarang ini,” kata Kabid Humas Podla Kalbar.

Menurut Kabid Humas Polda Kalbar, jika masing-masing Polres dirangking terkait penyelesaikan perkara narkoba, maka dapat digambarkan urutan rankingnya, yaitu: Polresta Pontianak Kota 107 kasus, Direktorat Narkoba 87 Kasus, Sanggau 51 Kasus, Ketapang 42 Kasus, Mempawah 39 Kasus, Kapuas Hulu 33 Kasus, Sambas 32 Kasus, Singkawang 31 kasus, Sintang 30 Kasus dan Bengkayang, Landak dan Melawi masing-masing 23 kasus, 20 kasus dan Melawi 17 kasus.

Menghadapi situasi yang demikian, Polda Kalabr secara maksimal akan terus berupaya memberdayakan segala potensi yang ada untuk menjaga wilayah batas negara.[*]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396