Regional

Penaman Pohon dan Pengujian Emisi Gas Buang Kendaran Bermotor Akan Isi Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia di Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan akan memperingati hari lingkungan hidup se-dunia (World Enviromental Day) 2019 pada 30 Juni 2019 mendatang. Beberapa agenda yang disiapkan adalah penanaman pohon, pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor dan  perlombaan fotografi  bertemakan peduli lingkungan hidup.

Hal ini terungkap dalam audiensi pengurus alumni Ikatan Doktor llmu Lingkungan (IKADIL) Program Pascasarjana UNSRI dengan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir H. Mawardi Yahya di ruang kerja Wagub, Selasa (18/06/2019) siang.

Pada kesempatan itu, Mawardi Yahya berjanji untuk membantu sejumlah fasilitas penunjang kegiatan. Ia berharap pelaksanaan peringatan hari lingkungan hidup se-dunia itu berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

“Pemerintah Provinsi memberikan apresiasi atas adanya kegiatan penanaman pohon yang akan dilakukan secara serentak dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup. Ini merupan salah satu cara kita menjaga lingkungan agar tetap terjaga dengan baik, sejuk dan hijau,”  tegas Mawardi.

Wagub mengatakan menjaga lingkungan agar tetap asri bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kerja sama semua pihak.

Seperti pemulihan kondisi alam yang rusak akibat berkurangnya hutan. Menurut Mawardi, hal itu bisa membutuhkan waktu puluhan tahun.

“Kita tetap harapkan hutan kota di Palembang ini juga tetap dijaga, jangan ditebang. Kalau bisa  bukan hannya di Punti Kayu hutan kotanya, tapi juga kawasan Jakabaring . Karena itu  melalui penanaman pohon kita harapkan alam akan tetap hijau dan terpelihara dengan baik. Untuk urusan bibit pohon silahkan koordinasi dengan Dinas Kehutanan,” kata Wagub.

Mawardi berpesan agenda penanaman pohon jangan hannya serimonial namun  harus dilakukan secara berkelanjutan dengan hasil produk yang dapat dimanfaatkan.

Sementara itu, Ketua IKADIL DR. Apriadi Busri mengatakan peringatan hari lingkungan hidup se-dunia nanti mengambil tema “Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pollution) Biru Langitku, Hijau Bumiku”.

“Kita melaporkan pada pak Gubernur terkait dengan kegiatan dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup se-dunia dengan tema “Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pollution) Biru Langitku, Hijau Bumiku”. Kegiatan ini akan digelar di Jakabari Sport City pada tanggal 30 Juni 2019 mendatang,” tutur Apriadi(*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396