Regional

Peduli Literasi, Gubernur Jawa Barat Dapat Penghargaan dari Perpustakaan Nasional

Gubernur Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka untuk kategori Pejabat Publik Yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca dari Perpusatakaan Nasional RI di The Ballroom Jakarta Theatre, Kamis (05/09/2019).

Penghargaan ini diberikan berkat upayanya meningkatkan literasi masyarakat Jabar dengan meluncurkan program Kota Literasi Cerdas (Kolecer).

“Kita diberi penghargaan karena menjadi salah satu provinsi yang paling giat dalam menggerakan literasi, posisi pertama Sumatera Selatan dari 34 provinsi,” kata Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Menurut Emil, peningkatan literasi perlu dilakukan supaya masyarakat Jabar tidak mudah terpengaruh oleh informasi bohong atau hoaks.

Selain itu, kata dia, Pemdaprov Jabar akan menjadikan literasi sebagai akuntabilitas kinerja Jabar pada masa depan.

“Intinya dengan penghargaan ini memotivasi kita untuk terus berinovasi meningkatkan indeks literasi di Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh Syarif Bando mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada penggiat literasi. Mulai dari tokoh masyarakat, pejabat, wartawan, sampai pengelola perpustakaan.

“Alhamdulillah Indonesia yang sebelumnya peringkat 60 dari 61, kita bisa melompat menjadi 16 dari 30 negara yang disurvei. Kita bahkan bisa lebih baik daripada Korea, Jepang, Inggris dan Amerika dengan rata-rata 6 jam per minggu,” ucapnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *