Regional

Jadi Pembicara di Acara WIMNUS Sulsel, Mr Syafii Efendi Dorong Pemuda Barru Berwirausaha

Mr Syafii Efendi menjadi pembicara dalam seminar motivasi yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Wirausaha Muda Nusantara (WIMNUS) Sulawesi Selatan di Gedung Islamic Center Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (14/03/2019)

Kegiatan yang bertemakan Winning in Disruptive Era ini dihadiri  sekitar 800an peserta, yang terdiri dari kalangan santri, pelajar, sampai ibu-ibu.

Syafii membuka materi yang disampaikan dengan memutar sebuah video. Video itu berisi gambaran tentang anak muda milenial yang diperbudak oleh gaya.

Di video itu, ia juga memberi gambaran tentang kemajuan teknologi di masa mendatang, di mana tenaga kerja akan diganti mesin.

Penulis buku best seller “10 Langkah Sukses di Usia Muda” itu mengatakan, perubahan adalah tuntutan, teknologi akan menggantikan peran manusia, akibatnya kebangkrutan, kalah bersaing, dan kemiskinan.

“Bahkan di negara maju, driver akan diganti teknologi otomatis. Kemana peran kurir kantor pos? Ini ancaman untuk kalian,” kata Syafii.

Selanjutnya Syafii mengatakan agar para pemuda tidak tertindas oleh zaman, ia meminta para pemuda berani menjadi pelaku usaha. Menurutnya, selain kemajuan teknologi, pemuda saat ini terancam dengan kehadiran tenaga kerja asing.

“itulah kenapa kita harus membangun karakter sukses mulai dari sekarang,” lanjut Syafii

Menurut Syafii menanamkan karakter sukses itu sangat terkait dengan mental. Masalahnya adalah generasi milenial sekarang sangat tergantung pada gadget dan terjebak pada pergaulan bebas.

Pada usia 22-26 tahun, Syafii melanjutkan, seseorang akan akan dituntut uang sekitar Rp500 juta untuk keperluan rumah dan menikah.

Jika jadi karyawan mungkin ia bisa menabung, tapi perlu puluhan tahun. Realitanya hari ini hanya 3 persen pria yang berhasil melewatinya dan 97 persen gagal melewati tantangan ini.

Acara seminar motivasi itu juga dihadiri oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Koordinasi (Badko) Sulawesi bagian Selatan dan Barat, Samsuryadi. Menurutnya kegiatan ini cukup menghipnotis generasi milenial di Barru.

“Yang memiliki cita-cita ingin sukses di usia muda, mereka rasakan motivasi ini dan akan terus diingat,” kata Samsuryadi.

Sedangkan Dewan Pembina WIMNUS, Akbar Faisal dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut mengharapkan lahir wirausaha muda dengan latar belakang masing-masing.

“Seminar ini diharapkan menumbuhkan minat dan motivasi wirausaha dalam bidang masing masing dan kemampuan yang dimiliki para pemuda, serta dapat mengubah kabupaten Barru semoga lebih baik dan potensial kedepannya,” pungkas anggota Komisi III DPR RI.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *