Regional

DPP Pengurus ORARI Lokal Cianjur, Periode 2016-2019 Resmi Dilantik

Sekaligus Wisudawan Angkatan 59 dan 60

 

Kliksajacianjur.co – Sejumlah pengurus Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Jawa Barat, lokal Cianjur, resmi dilantik pada Minggu (20/11) bertempat di Taman Pancaniti Pendopo Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jalan Siti Jenab 31.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, H Q’Mung Ma’mur (YD1HQM), selain pelantikan DPP pengurus ORARI lokal Cianjur, periode 2016-2019 sekaligus pula wisudawan angkatan  59 dan 60 dan kenaikan tingkat dari Siaga ke Penggalang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Cianjur H Herman Suherman, Sekretaris ORARI Daerah Jawa Barat Agus Gunarso (YB1LZ), dan sejumlah tamu undangan lainnya.

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikannya, mudah-mudahan dengan dilantiknya saudara-saudara sebagai pengurus ORARI Jawa Barat lokal Cianjur, peran ORARI Jawa Barat lokal  Cianjur dalam pembangunan di Kabupaten Cianjur ini dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan,” ucap Herman dalam sambutannya di sela kegiatan.

Apa yang terjadi di satu belahan dunia, kata dirinya, pada saat itu pula dapat diketahui masyarakat di belahan dunia lainnya. Ditengah-tengah derasnya pergerakan teknologi komunikasi seperti  itu, kehadiran ORARI hingga kini tetap diperlukan.

“Dengan hadirnya ORARI ditengah-tengah kuatnya arus informasi dan komunikasi, bukan beratri membuat organisasi ini menjadi pesimistis, tetapi justru sebaliknya dijadikan cambuk untuk  lebih meningkatkan peran sertanya dalam mendukung teknologi informasi yang kian canggih,” tandas Herman.

ORARI, sambungnya, memiliki kelebihan tertentu yang tidak dapat dilakukan alat komunikasi lainnya, yakni secara fungsional dapat melakukan tugas dengan cepat dan akurat dalam membantu  peristiwa-peristiwa yang bersipat insidentil dan penting lainnya, baik peristiwa/musibah bencana alam maupun akibat kelalaian manusia.

“Saya berharap, ORARI lokal Cianjur, akan dapat membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam mensosialisasikan program program pembangunan kepda masyarakat, agar masyarakat dapat  mengetahui dan memahami pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab),” harapnya.

Sementara itu, Ketua ORARI lokal Cianjur, H Rudi Syachdiar Hidajath (YC1CYI), mengatakan sebagai mitra pemerintah ORARI lokal Cianjur selalu bekerja sama terutama dengan pihak  PMI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, berkomunikasi dalam hal penanganan kebencanaan.

“Selain itu, menjalin kebersamaan dengan Pramuka juga, seperti dalam kegiatan Jota/Joti. Dengan berbagai pihak pun seperti masyarakat atau lembaga lainnya selalu siap menjalin kerja sama  untuk memberikan informasi dan komunikasi,” ujarnya dalam kesempatan sama.

Rudi menambahkan, keberadaan ORARI pun sudah diakui ditingkat internasional. Dirinya mengajak kepada masyarakat yang memiliki perangkat atau pesawat radio yang belum memiliki izin  secara sah, agar keberadaannya tidak ilegal, supaya mengurus keanggotaannya agar berkomunikasi dengan sah sesuai aturan yang ada/berlaku.

“Pesan kepada anggota ORARI juga agar terus dapat membantu semua pihak bagi yang membutuhkan informasi, terutama kepada anggota ORARI yang baru dilantik juga agar menggunakan  pesawat di frekuensi yang legal secara bijak, tidak lagi berkomunikasi di luar band amatir yang tidak sah,” tegasnya.

Sekretaris ORARI Daerah Jawa Barat, Agus Gunarso (YB1LZ), mengucapkan selamat bergabung kepada anggota baru, angkatan 59 dan 60 bersama ORARI meski dengan berbagai alasan.  “Secara organisasi, kita (ORARI, red) di bawah PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa). Banyak kegiatan di ORARI, salah satunya Internasional Kontes dan hampir tiap minggu diadakan. Dengan  Pramuka pun ada Jota tingkat internasional,” sampainya.

Agus pun berterima kasih terhadap ORARI lokal Cianjur yang kemarin terlibat di dalam kegiatan Dukompol. Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Cianjur yang selama ini  telah banyak membantu dalam berbagai kegaiatn ORARI di daerah. “Anggaran dasar rumah tangga (AD/ART) Pasal 12 pembina adalah bupati/wakil bupati di lokal, di daerah gubernur, di  pusat presiden cq menteri,” jelasnya.

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) ORARI ke-X 2016 di Surabaya, pada 26-27 Nopember mendatang, kata Agus, bakal ada salah seorang anggota ORARI lokal Cianjur yang akan  didorong untuk menjadi ketua umum. “Beliau orangnya cukup bagus dan memang sudah lama bergabung di ORARI, namun karena institusinya untuk saat ini belum mengizinkan, sehingga paling nanti akan diusulkan dalam posisi lainnya,” tutupnya. (rus/gap)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396