Regional

Di Tangsel, Dinas Koperasi dan ASIPA Naikkan Kelas Produk UKM Hingga ke Hotel Santika Premiere

Ruang display Hotel Santika Premiere ICE-BSD, Tangerang Selatan, mewah dan elegan. Begitu juga barang-barang yang dipajang: terlihat berkelas, dan tidak mahal. Produk asli lokal. Hasil karya Usaha Kecil-Menengah di Tangerang Selatan.

Sebenarnya, Hotel Santika Premiere ICE-BSD, hanya satu dari beberapa hotel yang ada di wilayah Tangerang Selatan yang memajang produk-produk Usaha Kecil-Menengah. Produk yang dibuat oleh para pelaku usaha kecil-menengah ini, menjadi istimewa dan memiliki nilai jual yang bagus.

Inilah hasil kerja kerja Dinas Koperasi dan UKM, beserta Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha (ASIPA) Kota Tangerang Selatan. Sepanjang waktu, Dinas Koperasi dan UKM, beserta ASIPA, terus mencari ruang untuk mempromosikan produk-produk asal Tangsel. Baik di perhotelan maupun restoran.

Hasilnya nyata. Puluhan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) berhasil dipromosikan melalui program kemitraan bersama pihak hotel untuk meningkatkan daya jual.

Ketua ASIPA Tangerang Selatan, Nia Alina mengatakan bahwa program kemitraan yang dibuat oleh Dinkop UKM Tangsel ini sangat membantu anggota ASIPA. Terutama dalam hal meningkatkan brand, omset dan jaringan.

“Alhamdulillah, Dinkop UKM sering memberikan fasilitas. Terutama dalam bidang promosi dan pemasaran produk dengan pihak perhotelan. Program ini sangat banyak manfaatnya,” katanya.

Nia menyebutkan, kemitraan dengan Hotel Santika Premiere ICE-BSD, misalnya. Ini sangat berarti bagi produk-produk UKM. Apalagi, nantinya akan dilakukan secara periodik, menjadi bulanan. Begitu juga pengelolaan produknya, akan didisplay akan diatur secara bergantian.

“Ada sekitar 23 UKM, Start Up, entrepreneur dari cluster fashion, craft, kuliner yang bergantian mengisi display dalam setiap periode bulannya. Pengelolaan display diatur oleh pengurus, pengawas dan penanggung jawab dari ASIPA,” ujarnya.

Ini sangat berarti bagi pertumbuhan UKM di Tangsel. Karenanya, Nia berharap, fasilitas yang diberikan melalui program kemitraan UKM Tangsel ini, dapat juga diberikan kesempatan oleh pihak perusahaan, perhotelan, mall, dan lainnya yang ada di Tangerang Selatan.

Plt Kepala Dinkop UKM Tangsel, Dahlia Nadeak mengatakan, program kemitraan antara UKM Tangsel dengan stakeholder yang ada di wilayah Tangerang Selatan ini, memang diharapkan bisa bermanfaat bagi perkembangan pelaku UKM Tangsel.

“Harapan kami, hotel-hotel yang lain dapat menjalin kerjasama yang sama sebagai pembinaan wilayah. Bagi swasta, diharapkan bisamengambil peran CSR-nya,” katanya.

Yohana, salah satu pelaku UKM Tangsel, yang memiliki produk dengan brand Marcellivo Bag, begitu senang dengan program kemitraan ini. Dia mengapresiasi langkah Pemkot Tangsel dan ASIPA yang terus membantu mengembangkan usahanya.

Seperti, program kemitraan dengan Hotel Santika Premiere ICE-BSD. Ini membuat penjualan produknya melaju cepat, karena produknya sesuai dengan minat pelanggan hotel.

“Di bawah naungan ASIPA dan pembinaan Dinas Koperasi UKM Tangsel, produk UKM kami jadi naik kelas. Terutama, karena digemari oleh buyer (pembeli) kelas atas juga. Thank you so much ASIPA, Dinas Koperasi dan UKM juga Hotel Santika Premiere ICE-BSD,” ungkapnya begitu bersemangat.(*)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 396

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *