Klik TV

Perwakilan Kesultanan Cirebon Turut Mewarnai Festival Banjar 2019

Kliksaja – Festival Banjar, digelar Minggu (21/07/2019) di Car Free Day (CFD) Jakarta. Festival ini menyuguhkan beragam kesenian dan tari tradisional dari Provinsi Kalimantan Selatan. dimana terdapat puluhan replika perahu serta sejumlah orang mengenakan kostum khas Dayak.

Kemeriahan tersebut adalah bagian dari kerjasama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan dan support Perwakilan Kebudayaan Provinsi lainnya.

Selain kesenian dan kebudayaan banjar, turut hadir pula masyarakat budaya luar banjar. Pemprov Kalimantan Selatan pun di kejutkan dengan kehadiran rombongan dari Kesultanan Cirebon.

 

Rombongan kesultanan cirebon yang diwakili oleh panglima besar laskar macan ali tangerang raya, delon jenggot pemanah rasa, bersama pasukan caping hitamnya. Turut menghadiri festival Banjar 2019.

 

Delon menyampaikan tujuan kedatangannya adalah untuk semakin mengakrabkan dan meningkatkan kerjasama dengan masyarakat budaya nusantara tak terkecuali dengan saling mendukung ajang giat syiar budaya. “Kerjasama dan sinergi antar masyarakat budaya menjadi hal yang sangat penting tidak terkecuali dengan saling mendukungnya giat syiar budaya. Kami berharap budayawan maupun masyarakat kebudayaan yang lain dapat terus bahu membahu, memberikan saran, dalam upaya giat budaya untuk tetap menjaga warisan leluhur dan terus memperkenalkan budaya kepada generasi-generasi penerus bangsa” Ungkap Delon.

 

Para pasukan caping berpangsi hitam pun juga turut menjadi sorotan dan serbuan para pengunjung yang hadir. Melihat keunikan kostum adat mereka yang sangat unik.(*)

 

 

 

Editor : Asyam Shobir Al Muyassar

What's your reaction?

Related Posts

1 of 183