Klik TV

Derita dan Cerita Kang Iwa Lahirnya Bandung Karate Club

Nun jauh dari keramaian, Ditempat yang begitu sepi. Di pantai lampai pesisir laut Labuan. Gugusan selat sunda. Tak jauh dari gunung Krakatau dan palung sunda.

Ditempat itulah, awal mula cerita lahirnya BKC, Juga berawal dari derita dirangkas bitung. Diusia 11 tahun, Alhamdulillah Kang Iwa telah menerima karunia illahi yang tiada ternilai, Yaitu tuntunan ajaran Jalaksana. Pada saat itu, sungguh Kang Iwa tidak memahami akan makna ajaran Jalaksana.

Namun kehendak Tuhan diatas segala-galanya. Dan tiada yang tidak mungkin bagi kehendakNya. 11 tahun kemudian, tepatnya di jantung kota bandung.

Diusia 22 tahun, panji BKC berkibar. BKC adalah singkatan dari Bandung Karate Club. Dan Bina Ksatrya Cita pada pengertian yang sebenarnya.

Didirikan di Bandung pada 16 Juni 1966. Namun, Sejak tahun 1962, telah dirintis pendiriannya dengan nama Bandung Karate School for Self Defence. Gedung Mardisantosa yang terletak di Jalan sunda No. 2 Bandung adalah tempat pertama BKC didirikan.

Tercatat sebagai anggota pertama terdiri dari siswa-siswi Sekolah Guru Pendidikan Jasmani, SMAN Jalan Belitung, STMN I jalan Rajiman serta beberapa orang mahasiswa UNPAD dan ITB.

Sejak tahun 1967 hingga tahun 1972 tempat latihan pindah ke pendopo sekolah Tinggi Olah raga Jalan Van Deventer Bandung.

Sungguh teramat diyakini, bahwa BKC ada dan berada dengan segala keberadaannya adalah benar-benar karena kasih Illahi, melalui tuntunan ajaran Jalaksana. (*)

Kang iwa, pendiri perguruan bandung karate club

What's your reaction?

Related Posts

1 of 183