Klik News

Wisata Ikonik, Memandang Negeri di Atas Awan, Bukit Khayangan

Wisata ikonik kali ini datang dari Kerinci, mahakarya ciptaan sang kuasa ini merupakan salah satu wisata ikonik yang tidak pernah ditinggalkan ketika berkunjung ke Kerinci. Wisata ikonik ini adalah wisata Bukit Khayangan dari  Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh Jambi, tepatnya di Desa Renah Kayu Embun.

Dengan ketinggian 2000 MDPL dari permukaan, siang itu kami bertekad untuk menjelajahi Bukit Khayangan. Walupun di bawah teriknya matahari namun udara disini tetap sejuk dan dingin sebab alam yang masih sangat alami.

Untuk sampai di atas wisata ikonik satu ini, kami menempuh perjalanan kurang lebih selama 20 menit dari jalan raya utama. Klikers, ternyata cukup ekstrem juga perjalanan kami mendaki Bukit Khayangan ini, walaupun jalan sudah aspal hitam, tetap saja kondisi jalan yang berliku tajam dan licin membuat kami tidak bisa melaju cepat.

Rasanya menoleh kebelakang saat mengendarai motor seperti melihat kebawah, jadi untuk klikers yang mau kesana jangan terkejut dan hati-hati saja. Setelah mendaki hutan lumayan jauh jari pun mulai kaku, sensasi dingin hutan kerinci memang luar biasa.

Ternyata di Bukit Khayangan ini ada juga loh warga yang tinggal walaupun hanya beberapa rumah saja dan itu pun jaraknya jauh. Di sepanjang perjalanan mendaki bukit di sisi kiri dan kanan banyak tanaman sayur warga seperti pisang, terong, sayur dan cabe.

Akhirnya sepanjang jalan menikmati nuansa perjalanan kami sampai juga di Bukit Khayangan, cukup dengan bayar parkir Rp 5.000 untuk 1 motor sudah bisa masuk. Tidak tanggung-tanggung, kami langsung menaiki tangga menuju puncaknya bangunan khayangan.

Memang benar Bukit khayangan ini di ibaratkan melihat negeri di atas awan, pesonanya Kerinci terlukis indah dengan hamparan Danau Kerinci yang memukau. Lika liku jalan menanjaki bukit khayangan terlihat jelas, kabut-kabut di atas bukit masih bersemayam.

Memandang Kerinci dari Bukit Khayangan (Foto Istimewa)

Kami seolah melihat desa dari atas istana, sayangnya awan mulai gelap namun tidak menyurutkan niat kami untuk ber swafoto. Disebut salah satu wisata iconik karena , dikutip dari metrojambi.com, pada tahun 2017 Bukit Khayangan mendapat gelar sebagai Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia, setelah melakukan penilaian dari semua aspek.

Perhargaan itu diberikan dalam acara  Anugerah Pesona Indonesia atau API yang dilaksanakan setiap tahun. API merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada dunia wisata ada di Indonesia, juga ajang terbesar di tingkat nasional.

Jika klikers berdestinasi ke Bukit Khayangan berikut daya tarik yang bisa dinikmati:

1. Wisata Alam Terbuka
2. Wisata keluarga
3. Instagramable
4. Udara bersih dan segar

Bukit Kahayangan ini pas banget untuk menikmati ikonik sunset yang merenjana di sore hari sambil menikmati secangkir kopi. Selesai menikmati Bukit Khayangan, kami memutuskan untuk kembali karena hari mulai gerimis, jadinya baju sedikit lembab. Pesan juga buat klikers yang mau berkunjung kesana untuk melihat kondisi cuaca ya, karena terpaan angin yang kencang dan kondisi jalan menurun licin jika hujan.

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *