Klik NewsPolitik

Tulisan “Berani Jujur Pecat” Hiasi Gedung KPK

Pemandangan menarik tersaji di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (28/06/2021) malam. Tulisan “Berani Jujur Pecat” tampak menyala di dinding gedung antirasuah tersebut.

Tulisan tersebut merupakan kreasi dari para aktivis yang tergabung dalam gerakan #BersihkanIndonesia yang menolak pelemahan lembaga KPK.

Aksi coret-coret dengan menggunakan laser itu dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Para aktivis menyoroti permukaan gedung KPK dengan sejumlah tulisan di antaranya Berani Jujur Pecat, Mosi Tidak Percaya, dan Save KPK. Tulisan dibentuk dengan sinar laser berwarna merah dan biru.

Juru bicara #BersihkanIndonesia dari Greenpeace Indonesia, Asep Komaruddin, menyatakan tulisan tersebut menyuarakan aspirasi keadilan bagi 51 pegawai KPK yang akan dipecat akibat tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Sejumlah pesan terproyeksi di gedung KPK malam ini menyampaikan pesan untuk menyelamatkan lembaga antikorupsi ini dari cengkeraman oligarki,” tutur Asep.

Sebelumnya, pada Senin (28/06/2021) pagi, mereka bersama sejumlah lembaga mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal di halaman Gedung Dwiwarna KPK.

Baca juga :   Efek Pengganda Pembangunan Infrastruktur Belum Berdampak pada Sektor SDM di Kulon Progo

Para peserta aksi memakai baju putih bertuliskan sejumlah kasus korupsi mangkrak yang melibatkan aktor di partai politik.

Adapun kasus korupsi dimaksud terdiri dari sektor pertambangan, kehutanan dan sumber daya alam, hingga korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 dan izin ekspor benih lobster (benur).

Aksi gerakan #BersihkanIndonesia ini merupakan rangkaian dimulainya pekan melawan terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang mewarisi kematian KPK. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *