Klik NewsSosial Budaya

Tekuk Peru 3-1, Brasil Rebut Gelar Kesembilan Copa America

Tim Samba Brasil berhasil menjuarai Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru di laga final dengan skor 3-1 di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro,  Senin (08/07/2019) dini hari.

Dalam pertandingan ini Brasil harus bermain sepuluh pemain setelah Gabriel Jesus mendapat kartu merah dari wasit.

Bertindak sebagai tuan rumah turnamen, Brasil langsung mengambil inisiatif penyerangan. Hasilnya, pada menit ke-15, Everton berhasil membawa Brasil unggul 1-0 memanfaatkan umpan dari Gabriel Jesus.

Pada menit ke-44, Peru mendapatkan hadiah penalti setelah Bek Brasil, Thiago Silva dianggap handsball di kotak terlarang.

Paolo Guerrero yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh Kiper Brasil, Alissson Becker. Gol ini sekaligus yang pertama bersarang di gawang Alisson.

Pada saat injury time babak pertama, Gabriel Jesus kembali membuat Brasil unggul. Mendapatkan umpan terobosan dari Arthur, striker Manchester City itu berhasil menaklukkan kipper Peru, Pedro Gallese.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Brasil.

Pada babak kedua, Brasil tetap bermain menyerang. Beberapa peluang sempat tercipta, namun gagal dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-70, Gabriel Jesus harus keluar lapangan lebih awal karena mendapat kartu merah dari wasit. Ia dianggap wasit menyikut pemain Peru, Carlos Zambrano.

Unggul dalam jumlah pemain, Peru mencoba meningkatkan intensitas penyerangan. Namun, peluang yang tercipta gagal berbuah gol.

Di penghujung pertandingan, Everton dijatuhkan oleh Zambrano di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih setelah sempat melakukan pengecekan melalui VAR.

Richarlison yang ditunjuk sebagai algojo berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Tendanganya gagal diantisipasi oleh Gallese. Gol ini menutup pertandingan sekaligus memastikan kemenangan 3-1 Brasil atas Peru.

Gelar ini menjadi gelar kesembilan Brasil di Copa America setelah tahun 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, dan 2007. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,261