Klik NewsPolitik

Survei IndEX Research: Elektabilitas Prabowo sebagai Calon Presiden 2024 Tertinggi, AHY Melejit

IndEX Research merilis hasil survei calon presiden 2024. Dalam survei tersebut, Prabowo Subianto masih menjadi nama dengan elektabilitas tertinggi dengan 20,4 persen.

Nama Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo membuntuti di urutan kedua dan ketiga. Elektabilitas kang Emil mencapai 14,1 persen, sedangkan Ganjar Pranowo 13,5 persen.

“Prabowo, Kang Emil, dan Ganjar mantap sebagai top three capres 2024, dibayangi AHY yang tembus ke empat besar,” kata peneliti IndEX Research Hendri Kurniawan dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (12/03/2021).

Yang mengejutkan dari hasil rilis suvei tersebut adalah naiknya nama Agus Harimurti Yudhoyono di posisi keempat. Berdasarkan hasil survei tersebut, AHY memiliki elektabilitas mencapai 7 persen.

“AHY diuntungkan oleh pertarungan internal di Partai Demokrat sebagai capres unggulan dari kalangan oposisi,” kata Hendri.

Sedangkan Moeldoko, yang menjadi sosok penting dalam KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, hanya mampu meraih elektabilitas 0,4 persen atau di bawah 1 persen.

“Kesan AHY sebagai figur yang dizalimi tampaknya mendulang simpati dari publik,” tandas Hendri.

Baca juga :   Hidayatullah: Jor-Joran Bansos Diduga Penyebab Beras Langka dan Mahal

Berbagai pernyataan yang dilontarkan SBY juga mencitrakan Demokrat tengah diobok-obok penguasa, seperti PDI kubu Megawati semasa Orde Baru yang berujung peristiwa 27 Juli 1996.

Di bawah AHY, ada Sandiaga Uno dengan 6,8 persen. Selanjutnya ada nama Anies Baswedan dengan elektabilitas 6,3 persen.

Selain itu, ada nama-nama, seperti Tri Rismaharini (4,6 persen), Erick Thohir (3,3 persen), Khofifah Indar Parawansa (2,7 persen), dan Giring Ganesha (2,1 persen). Berikutnya, Mahfud MD (1,6 persen), Puan Maharani (1,3 persen), Susi Pudjiastuti (1,1 persen), dan Airlangga Hartarto (1,0 persen).

“Peta capres masih dinamis, apalagi masih banyak waktu hingga 3 tahun ke depan,” ucap Hendri.

Survei IndEX Research dilakukan pada tanggal 25 Februari—5 Maret 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Survei dilakukan melalui telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error ±2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263