Info KlikersPendidikanSosial Budaya

Kenalilah, Ini Dia Kriteria Air Untuk Bersuci

Bersuci merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim agar terbebas dari najis . Dilansir dari Laman Instagram Bahtsul Masail, Salah satu persyarat penting dalam bersuci atau menghilangkan najis adalah menggunakan media air yang suci dan mensucikan. Air jenis ini sering disebut dengan istilah air mutlak.

Air mutlak adalah setiap air yang tidak berubah dari sifat asalnya atau sifat asli penciptaannya. (Kifayah al-Akhyar, I/12)

Sehingga, apabila sebuah air telah berubah dari sifat asli penciptaannya, baik dari segi warna, rasa, maupun bau, maka secara otomatis akan merubah sifat kemutlakannya. 

Namun dalam beberapa keadaan tertentu, perubahan-perubahan yang terjadi tidak merubah status kemutlakan air.

Misalkan air yang berubah karena lumpur, belerang, lumut, atau zat-zat lain yang keberadaannya sulit terhindar dari air. Sebagaimana penjelasan Syekh Nawawi Banten : 

فَشَمِلَ المَاءَ الْمُتَغَيِّرَ كَثِيْرًا بِمَا لَا يَسْتَغْنِى الْمَاءُ عَنْهُ كَطِيْنٍ وَطُحْلَبٍ وَهُوَ شَيْءٌ أَخْضَرَ يَعْلُو عَلَى وَجْهِ الْمَاءِ مِنْ طُوْلِ الْمكْثِ … وَالْمُتَغَيِّرُ بِمَا فِي مَوْضِعِ قَرَارِهِ وَمُرُوْرِهِ فَهُوَ مُطْلَقٌ يَصِحُّ التَّطْهِيرُ بِهِ وَلَو كَانَ التَّغَيُّر كَثِيْرًا لِعَدَمِ اسْتِغْنَائِهِ عَنْهُ

“Air mutlak juga mencakup air yang telah banyak berubah dengan sesuatu yang sulit dihindarkan dari air, seperti lumpur atau lumut, yaitu benda hijau yang nampak di permukaan air yang telah lama menggenang… Begitu juga air yang berubah karena tercampur benda yang berada di tempat aliran atau genangan air tetap dinamakan air mutlak sehingga masih diperbolehkan bersuci dengannya meskipun perubahannya cukup banyak. Hal ini dikarenakan air sulit untuk menghindari hal-hal tersebut.” (Nihayah az-Zain, hlm. 13)

Adapun air yang tidak boleh digunakan untuk bersuci adalah air najis dan air musta’mal (air sedikit, kurang dari 216 liter, yang telah digunakan untuk bersuci atau menghilangkan najis). WaAllahu a’lam

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,765

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *