Klik NewsSosial Budaya

Satu Jamaah Haji Asal Sukoharjo Meninggal di Pesawat

Satu orang jamaah haji Indonesia asal Embarkasi Solo (SOC) 2 dilaporkan meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan menuju ke tanah suci, Minggu (07/07/2019).

Jamaah haji itu bernama Sumiyatun Sawi Krama (56) asal Sukoharjo, Jawa Tengah. Sumiyatun mengembuskan napas terakhir karena serangan jantung.

“Ibu Sumiyatun Sawi Krama meninggal dunia saat masih di atas pesawat,” kata dokter Sri Mulyani, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Senin (08/07/2019) dini hari di Madinah.

Menurut keterangan Sri, saat diperiksa di atas pesawat, Sumiyatun juga mengalami gula darah atau kolestrol yang sangat tinggi dan tidak terkontrol.

Ketua Kloter 2 Embarkasi Solo (SOC), Lasimin menceritakan, Sumiyatun masuk asrama haji dalam keadaan sehat. Namun setelah diperiksa dokter baru ketahuan bahwa Sumiyatun mengidap penyakit diabetes.

“Saat diperiksa juga biasa, cuma dokter menemukan adanya penyakit gula,” kata Lasimin, Senin (08/07/2019) dini hari waktu Arab Saudi.

Laslimin menambahkan, saat masuk pesawat, Sumiyatu dalam keadaan sehat, begitu juga saat makan pertama di pesawat.

Namun, lanjut Laslimin, untuk makan yang kedua, Sumiyatun sudah tidak mau. Setelah itu, kira-kira 50 menit sebelum mendarat, tiba-tiba ia muntah. Sumiyatun kemudian diperiksa dokter di pesawat. Namun kondisinya langsung drop.

“Lemes, setelah itu meninggal dunia. Prosesnya cepet banget nggak sampai 10 menit,” kata Lasimin.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, jenazah Sumiyatun kemudian ditangani oleh kru Garuda. Jenazah kemudian dibawa ke rumah sakit.

Lasimin mengatakan, kejadian ini telah disampaikan kepada keluarga Sumiyatun di Sukoharjo.

“Keluarga sudah mengikhlaskan, dan harapannya ini menjadi jalan terbaik bagi almarhumah,” kata Lasimin. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264