Klik News

Sastra Inggris UNPAM Gelar Webinar Kewirausahaan Youthpreneurs’ Talk

Sastra Inggris Universitas Pamulang gelar webinar kewirausahaan bertajuk “Millenial Power in Gen Z Creativepreneur”. Webinar ini diadakan dalam dua sesi: sesi pertama dilaksanakan pada Minggu, 26 Desember 2021 dan sesi kedua, dilaksanakan pada 27 Desember 2021. Hadir sebagai pembicara pada sesi pertama ini: Retno Dwi Lestari, Owner of Sale by Ennomule dan Dwi Setyorini, Awardee of KKWP Kemenpora 2021 Enterpreneurship Funding.

Dalam sambutannya, Setiana Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., selaku Sekretarsi Prodi, menyampaikan bahwa di era digital saat ini, segala sesuatu dipermudah, termasuk dalam berwirausaha. “Melalui webinar ini, diharapkan selain mampu berbahasa Inggris dan meraih gelar sarjana, mahasiswa memiliki kemampuan dalam berwirausaha, apalagi kesempatan berwirausaha saat ini sudah makin dipermudah dengan perkembangan di bidang teknologi digital dan informasi,” jelas Setiana.

Mengawli penyampaian materinya, Retno menjelaskan bahwa dalam berwirausaha hal pertama yang menjadi tantangan ialah kebingungan, bingung mau usaha apa, mulai dari mana, modalnya seberapa dan seterusnya. “Paling tidak yang saya amati, ada dua factor di balik kebingungan ini: factor internal dan factor internal,” jelas Retno.

Retno juga menjelaskan bahwa selain keinginan yang kuat dan pengetahuan yang cukup tentang mangsa pasar, konsistensi dan integritas pribadi agar dapat dipercaya konsumen juga merupakan modal yang penting dalam memulai berusaha. “Yakin dan lakukan secepatnya,” tegas Retno dalam mengakhiri penyampaian materinya.

Sementara itu, Dwi Setyorini menyampaikan materi: Sharing and Tips & Tricks: Seputar Lolos Hibah Kemenpora. Pada materi ini, Dwi menjalaskan sekilas tentang apa itu KKWP (Kuliah Kewirusahaan Pemula). Untuk sampai mendapatkan dana hibah, Dwi menyampaikan lima tips yang perlu dimiliki mahasiswa: pertama, keberanian, kedua, percaya diri, ketiga, open minded, keempat, creative proposal dan kelima bimbingan.

“Untuk tips pertama, yakni keberanian, tidak hanya sembarang berani tapi juga keberanian yang beralasan: mempunyai skill, teman/relasi, dan mentor. Jadi fungsi dari mentor ini ialah membantu memberikan pengarahan,” jelas Dwi. Untuk tips kedua, percaya diri, Dwi menyampaikan “Awali segala sesuatu dengan kepercayaan diri, dan jangan sampai dipatahkan oleh sesuatu yang mengganggu keyakinan tersebut,” paparnya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *