Klik NewsSosial Budaya

Presiden Jokowi: BMKG Jangan Hanya Sampaikan Informasi Cuaca, Tetapi Juga Edukasi Masyarakat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak pada berita bohong.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan pada Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) BMKG 2021, Kamis (29/07/2021), secara virtual, dari Istana Merdeka, DKI Jakarta.

“Saya minta BMKG bukan hanya menyampaikan informasi cuaca, iklim, gempa, dan tsunami yang lebih cepat dan dengan jangkauan yang lebih luas pada masyarakat, tetapi bersinergi bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengedukasi masyarakat bagaimana bersiap menghadapi bencana,” kata Presiden Jokowi.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi juga meminta BMKG untuk meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana.

Hal itu mengingat frekuensi, durasi, dan intensitas kejadian bencana tersebut meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan dalam waktu bersamaan dapat terjadi multi bencana.

“Dengan tantangan yang semakin meningkat, maka kita harus meningkatkan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana, menguatkan manajemen penanganan bencana, dan meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan memitigasi bencana untuk mengurangi risiko korban jiwa, kerusakan, dan kerugian harta benda,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga :   Gelar Seminar Strategi Layanan Informasi di Era Global, Perpustakaan DPR Perkuat Kolaborasi di Kancah Internasional

Presiden mencontohkan, kejadian bencana gempa bumi pada kurun waktu tahun 2008-2016 rata-rata 5.000-6.000 kali dalam satu tahun.

Pada tahun 2017 meningkat menjadi 7.169 kali dan tahun 2019 jumlahnya meningkat signifikan menjadi lebih dari 11.500 kali.

“Cuaca ekstrem dan siklon tropis juga meningkat frekuensinya, durasi, dan intensitasnya. Periode ulang terjadinya El Nino atau La Nina pada periode 1981-2020, cenderung semakin cepat, dua sampai dengan tiga tahunan, dibandingkan periode 1950-1980, yang berkisar lima sampai dengan tujuh tahunan,” imbuhnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264