Klik NewsPolitik

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ingatkan Tantangan Meningkatnya Rivalitas Antarideologi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan salah satu tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah meningkatnya rivalitas antarideologi.

Jokowi mengatakan globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antrideologi,” kata Presiden Jokowi dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (01/06/2021).

Oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi mengajak kepada masyarakat untuk mengokohkan nilai Pancaasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa.

Menurutnya, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, yaitu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga :   Kurangi Angka Stunting dan Kematian Ibu, Komisi VIII Komitmen Selesaikan RUU KIA

“Terutama Revolusi Industri 4.0. Dan, sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” tegas Presiden. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264