Klik NewsSosial Budaya

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh Pada 5 Juni 2019

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019.

Penetapan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (03/06/2019).

“1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” ujar Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa pers usai sidang isbat di kantor Kemenag, Senin.

Sebelumnya, menurut paparan pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya, tidak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal Syawal 1440H bisa teramati di seluruh wilayah Indonesia pada hari Senin (03/06/2019).

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” terang Cecep.

Hadir dalam jumpa pers usai sidang isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua MUI K.H. Yusnar Yusuf, dan Ketua Komisi VIII Ali Taher.

Turut hadir pula dalam sidang isbat para duta besar negara sahabat, pimpinan ormas termasuk NU dan Muhammadiyah, pakar astronomi dari LAPAN dan Planetarium Boscha, serta para pejabat Eselon I dan II Kemenag. (*)

Baca juga :   BKSAP Dorong Komitmen Parlemen Antar-Negara Asia dalam Pembangunan Berkelanjutan
Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *