Klik NewsPolitik

Partisipasi Pemilih di Lampung Capai 88,6%, Lampaui Target Nasional

Tingkat partisipasi masyarakat di Kota Bandar Lampung pada Pemilu 2019 melebihi target nasional. Berdasarkan data yang ada, partisipasi di Kota Tapis Berseri mencapai 88,6 persen.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung Fadilasari menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya di 17 April 2019.

Perempuan yang membidangi partisipasi masyarakat melihat tingginya partisipasi ini sejalan dengan fakta bahwa di hari pemungutan suara masyarakat beramai-ramai datang ke TPS guna memberikan hak suaranya.

“Kita bisa melihat sejak pagi hari, bahkan sebelum proses pemungutan suara di mulai, masyarakat sudah berduyun-duyun datang ke TPS,” ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Kota Bandar Lampung, Jumat (28/06/2019).

Untuk diketahui, target partisipasi pemilih secara nasional sendiri, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebesar 77,5 persen. Angka tersebut menurut Fadilasari menjadi tantangan dan motivasi untuk dipenuhi.

“Target itu sebenarnya sangat tinggi, apalagi jelang pemilu banyak sekali beredar berita hoax dan ajakan dari sejumlah pihak di media sosial untuk tidak menggunakan hak pilih,” lanjut dia.

Baca juga :   KPU Harus Berkoordinasi dengan Kemenlu-KBRI Jeddah Antisipasi Jemaah Haji Indonesia Tak Bisa Coblos

Capaian ini menurut mantan jurnalis tersebut juga lebih tinggi daripada partisipasi tingkat nasional, sebesar 81, 97 persen.

“Ini adalah kerja keras kita semua, bukan hanya KPU dan jajarannya, seperti PPK, PPS, dan KPPS. Tapi juga pemerintah daerah, stakeholder, partai politik, dan tentu saja masyarakat Kota Bandar Lampung sebagai pemilih. Juga Relawan Demokrasi (yang) membuat sosialisasi pemilu makin menyentuh berbagai lapisan masyarakat,” tutup dia.

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,261

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *