Klik News

Muhaimin Iskandar Siapkan Skema Pemberdayaan UMKM Topang Ekonomi Nasional

KLIKERS INDONESIA – Calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mempersiapkan skema pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah bersama calon presiden Anies Baswedan agar bisa menjadi penopang perekonomian nasional.

“Banyak program, kami punya platform sekaligus punya visi-misi untuk UMKM agar menjadi berdaya,” ucap Muhaimin Iskandar, sapaan akrabnya kepada wartawan di Taman Bungkul, Surabaya, Selasa, (28/11/2023) malam.

Beberapa langkah yang sudah dirancang, kata dia, terkait afirmasi dan perluasan akses permodalan. Kemudian membentuk ruang-ruang khusus untuk peningkatan dan kapabilitas para pelaku UMKM di Indonesia.

Intervensi yang diberikan kepada para pelaku UMKM kemudian diaplikasikan di dalam tatanan baku atau melalui penyusunan perundang-undangan yang menjunjung kesetaraan, baik untuk pelaku usaha makro maupun maupun mikro dan menengah, katanya.

“Perubahan itu sejak dari ‘policy’ (kebijakan) ekonomi sudah memasukkan unsur keadilan, apa itu unsurnya? Kesetaraan,” ucapnya.

Cak Imin menjelaskan apabila UMKM bisa tumbuh maksimal maka berpotensi memicu akselerasi pertumbuhan perekonomian dengan tujuan akhir menciptakan kesejahteraan rakyat.

“Kami harus menghadirkan keberpihakan serius dan langsung pada pokok pangkal masalahnya,” ujar dia.

Sementara itu, kedatangan Cak Imin ke Taman Bungkul merupakan rangkaian aktivitas kampanye yang mulai digelar tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Sebelum ke Surabaya, Muhaimin singgah terlebih dahulu ke rumah ibundanya di Kabupaten Jombang untuk meminta doa restu dan dilanjutkan melaksanakan ziarah ke makam leluhur di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar.

Perjalanan Cak Imin berlanjut dengan menghadiri acara Rapat Terbuka Relawan Jaringan Perempuan Nahdliyin yang diikuti 1.000 kader se-Kabupaten Mojokerto.

Selanjutnya, dia ikut ambil bagian dalam pertandingan sepak bola persahabatan bersama para legenda Persebaya di Kabupaten Sidoarjo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dilangsir dari berbagai sumber bahwa pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut tiga.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,262

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *