Klik NewsSpecial Klik

Menteri Kominfo : Pemerintah Tengah Siapkan Infrastruktur Digital Secara Merata Di Tanah Air.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengatakan untuk membangun masa depan dunia digital di Indonesia, pemerintah kini tengah menyiapkan infrastruktur digital secara merata di tanah air.

Hal itu dikatakan Jonny G Plate saat menjadi keynote speaker pada acara HUT Medcom.id yang kedua di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Jumat (06/12/2019).

“Suka atau tidak suka dunia bergerak secara cepat agar menjadi bangsa pemenang. Saya ingin memberikan gambaran, bahwa kita harus menjemput perubahan teknologi yang sudah berkembanh dengan cepat,” ujarnya.

Johnny menyampaikan terkait program Lastmile yang kini dilaksanakan Kemenkominfo. Dikatakannya, bila sudah dibangun fiber optik secara menyeluruh di Indonesia maka programi ini akan membantu usaha pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas SDM di Indonesia. Program Lastmile Kemenkominfo tidak lain untuk menjangkau pulau terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Indonesia.

“Kini sudah lebih dari 1000 BTS berdiri di seluruh daerah dan pelosok negeri ini. Dan kita sudah berhasil mempertahankan 3 slot orbit satelit kita untuk digunakan demi kepentingan kemajuan bangsa melalui teknologi. Harus diakui internet merupakan reach out bangsa kita yang berada di pulau terluar,” ujarnya.

Tak hanya itu, Johnny menuturkan, saat ini Kemenkominfo juga mulai menta kembali frekwensi dan spektrum. Hal ini dilakukan mengingat kondisi Indonesia yang berbentuk kepulauan maka dibutuhkan upaya mix and match yang pas dalam penataan spektrum.

Menkominfo Johnny melanjutkan, bila kemudian sistem digitalisasi di Indonesia berjalan baik maka negeri ini membutuhkan lebih dari 100 digital talent. “ Saya mengajak seluruh stake holder untukbersama membangun digital talent Indonesia yang memiliki kualifikasi memadai,” katanya.

Kemenkominfo sudah menjalankan program Digital Talent Scholarship. Program ini berbentuk beasiswa pelatihan intensif untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital.

“Tahun 2019 ini, Kominfo memberi kesempatan pada 25.000 orang peserta Digital Talent Scholarship. Pada tahun depan, jumlahnya akan ditingkatkan dua kali lipat menjadi 50.000 orang,” jelasnya.

Pada acara ini, Menkominfo Johnny pun berharap agar di HUT kedua, Medcom.id menjadi portal berita yang dibutuhkan masyarakat dalam mencari informasi. “Jadilah super portal di berbagai transmisi kehidupan di dunia digital. Dari bangun tidur sampai tidur lagi,” harap Johnny.

Pada kesempatan perayaan HUT kedua ini juga, Medcom.id meluncurkan logo baru dengan slogan ‘Memberi Arti’. CEO Medcom.id Mohammad Mirdal menjelaskan logo baru saat ini berwarna-warni. Logo diubah dimaksudkan supaya ada akses lebih banyak warna. Logo Elang dengan semangat baru dimaksudkan agar bisa fokus lebih tinggi dan bisa bermanfaat lebih banyak untuk masyarakat

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,601