Klik NewsSosial Budaya

Lombakan 36 Cabang, UIN Malang Siap Gelar Pekan Ilmiah Olahraha Seni dan Riset IX 2019

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, siap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX 2019 pada 15-24 Juli 2019.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Malang Abdul Haris saat bertemu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (14/06/2019).

Haris mengatakan kegiatan PIONIR IX 2019 nanti akan diikuti oleh tujuh STAIN, 34 IAIN, 17 UIN.

“Hingga saat ini sudah terdaftar 3.500 peserta dari PTKIN. Mereka nanti akan ditempatkan di asrama mahasiswa yang kebetulan saat pelaksanaan event memasuki masa libur,” ungkap Haris saat bertemu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (14/06/2019).

Haris menambahkan dalam PIONIR IX 2019 nanti, ada 36 cabang lomba yang akan dipertandingkan. 36 cabang lomba itu terbagi dalam empat bidang.

Pertama, bidang ilmiah yang akan mempertandingkan tujuh cabang lomba, yaitu: debat Bahasa Arab, bebat Bahasa Inggris, debat konstitusi, business plan, musabaqoh qiroatil kutub, musabaqoh karya tulis Al-Qur’an, dan musabaqoh fahmil Qur’an.

Kedua, bidang olahraga yang terdiri dari 12 cabang, antara lain: bola voli, futsal, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, dan lain-lain.

Ketiga, bidang seni yang terdiri dari 13 cabang, antara lain: hadrah, film pendek, pemilihan dai mahasiswa, cipta lagu islami, hingga musikalisasi hadis.

Keempat, bidang riset yang terdiri dari karya tulis ilmiah ilmu-ilmu sosial, karya tulis ilmiah sains dan teknologi, karya inovatif, serta inovasi media pembelajaran.

“Pada PIONIR IX kali ini, ada dua cabang lomba yang merupakan inovasi. Yaitu, debat konstitusi dan musikalisasi hadis,” jelas Haris yang didampingi Direktur PTKI Arskal Salim.

PIONIR IX 2019 menurut Haris juga akan diramaikan dengan serangkaian kegiatan, diantaranya Forum Pimpinan PTKIN, FGD Pola Pembinaan dan pengembangan mahasiswa, seminar dan temu Dema dan Sema PTKIN, penampilan seni dan kreativitas mahasiswa, pameran produk mahasiswa.

Sementara itu Menag Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi persiapan dan inovasi yang dilakukan. Menurut Lukman persiapan PIONIR IX 2019 sudah sangat baik.

“Persiapkan pelaksanaan PIONIR IX ini dengan baik, terutama masalah akomodasi peserta,” kata Menag. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *