Klik NewsSosial Budaya

Kumpul Balung Pisah Patrap Senopati Wilayah Padjadjaran

Patrap Senopati Wilayah Padjadjaran menjalankan agenda rutin setelah dilakukan pelantikan pengurus pusat, korwil dan korda di Kotagedhe Yogyakarta pada tanggal 31 Juli 2022 yaitu mengadakan pertemuan tiga bulan sekali pertemuan Trah Paguyuban Panembahan Senopati.

Mengawali agenda pertemuan Trah Panembahan Senopati Wilayah Padjadjaran yang meliputi Banten, DKI dan Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2022 yang bertempat di Rumah Orin’s Tangerang. Selaku tuan rumah Bapak Bobby dan Bapak Sonny Arca menyambut dengan hangat pertemuan Trah Panembahan Senopati Wilayah Padjadjaran. Rumah Orin’s yang mengembangkan bisnisnya di wilayah Jabodetabek dan telah memiliki beberapa cabang serta menawarkan sajian cita rasa yang luar biasa dan khas.

Dalam pertemuan tersebut R. Budi C Wilogo selaku Ketua Wilayah menyampaikan dalam sambutannya untuk selalu guyub, rukun dalam menjalin ikatan kekeluargaan yang telah lama terputus untuk bersatu padu kembali agar tidak kepaten obor, hal ini agar kita sama-sama dapat meneladani sifat-sifat leluhur eyang Panembahan Senopati. Hal ini tercermin dari tiga hal:

Pertama, Mangasah Mingising Budi, adalah falsafah yang menghendaki adanya sarana untuk mengasah ketajaman akal dan budi,mengasah kecerdasan inelektual sekaligus kepekaan moral dan nurani.

Kedua, Memasuh Malaning Bumi, adalah falsafah yang menghendaki manusia untuk membersihkan segala sesuatu yang mengotori kehidupan.

Ketiga, Memayu Hayuning Bawana yaitu falsafah yang menghendaki bahwa manusia agar memperindah keindahan dunia serta mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan hidup.

Selain falsafah leluhur yang disampaikan, dalam pertemuan tersebut saling ramah tamah antar keluarga dan membahas program-program kerja untuk terus melestarikan budaya leluhur diantaranya adalah dengan mengadakan diskusi webinar tentang keris, tari jawa dan karawitan serta terus mengembangkan  Patrap Senopati untuk disebarluaskan agar tedhak turun Panembahan Senopati yang belum mengetahui dapat bergabung.

Acara dihadiri antara lain :

Pendiri Patrap Senopati : R. Guruh Tolowijoyo

Ketua Wilayah : R. Budi C Wilogo

Wakil Ketua : R. Hetyanto W

Seketaris Wilayah : R.Ngt Erina D

Korda Tangerang : Rudi Premono Widodo

Korda Kab. Bekasi : Ken Hidayat

Anggota :

Bapak Suryono, Bapak Ilham Nur, Bapak Ismu, Bapak RT.Djadja Marsetyoadi, Bapak Kodrat, Bapak Priyono, Bapak Iman Darojah, Bapak Latif, Bapak Sonny, Bapak Bobby, Bapak AL, Ibu R.ngt. Natalia Isti, Mas Cakka

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,280

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *