Klik NewsSosial Budaya

Kapal RS Terapung Siap Beroperasi Pada Agustus 2019 di Perairan Sumenep

Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi  Jawa Timur tengah menyelesaikan pembuatan kapal yang diperuntukkan sebagai Rumah Sakit (RS) terapung untuk menunjang fasilitas kesehatan bagi masyarakat kepulauan di Sumenep, Jatim.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, kapal ini akan dapat segera dioperasikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Kira-kira sebelum 17 Agustus tahun ini sudah kita operasikan. Nanti kita minta masukan dari Gubernur Jawa Timur dioperasikannya dimana. Tenaga kesehatannya kerjasama dengan Kemenkes, dengan Unair dan Brawijaya,” kata Menhub di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Senin (03/06/2019).

Menhub menyebut akan ada 2 kapal RS terapung yang akan dioperasikan untuk melayani masyarakat di kepulauan.

Rencananya, selain sebagai kapal RS, kapal ini juga akan difungsikan untuk mengangkut penumpang. Sehingga dengan begitu peningkatan tidak hanya pada konektifitas, tetapi juga pada pelayanan kesehatan.

“Saya diskusi dengan Bu Gubernur jadi itu kapal rede biasa, kapal ini adalah kombinasi kapal RS dengan kapal penumpang. Kita ingin bahwa selain rutin melayani penumpang, tapi juga ada pelayanan RS. Jadi misalnya, sedang ada kendala cuaca dan gelombang tinggi sehingga tidak dapat berlayar, kapal itu bisa sandar di suatu tempat dan berfungsi sebagai RS, besoknya keliling lagi,” jelasnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264