Klik NewsSosial Budaya

Hindari Kepadatan di Tol Trans Jawa, Menhub Sarankan Pemudik Gunakan Jalur Selatan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarakan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memanfaatkan jalur selatan Jawa untuk menghindari kepadatan di jalan Tol Trans Jawa.

“Jalur selatan ini menjadi favorit dan bisa menjadi alternatif bagi pemudik. Jadi orang jangan hanya menggunakan jalan tol saja,” kata Menhub usai meninjau Simpang Nagreg, Jawa Barat, Rabu (29/05/2019).

Menhub memprediksi jalur selatan Jawa seperti Nagreg, Tasikmalaya, dan Garut akan lebih lengang daripada jalur yang lain.

Selain itu, dengan pemandangan yang indah dan banyaknya tempat pariwisata, jalur selatan bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bagi pemudik.

Untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, Kemenhub melarang beroperasinya kendaraan berat mulai tanggal 30 Mei sampai 2 Juni 2019. Larangan ini tidak berlaku untuk truk yang mengangkut sembako dan BBM.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2019.

Baca juga :   Berikut Jadwal One Way, Contraflow, Ganjil Genap Untuk Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Kita memang melakukan pelarangan kendaraan berat kecuali truk yang mengangkut sembako mulai tanggal 30 Mei sampai 2 Juni 2019,” ungkap Menhub. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,260